Los Angeles (ANTARA News) - Akhir pekan kemarin, tidak ada yang dapat menandingi Oz sebagai film laris.

"Oz, the great and powerful", film D3 yang diproduksi dengan dana cukup besar oleh perusahaan Walt Disney, meraup 80,3 juta dolar AS di Amerika Serikat dan Kanada dihitung dari penjualan tiket, dan menjadi pendapatan tertinggi selama 2013.

Menurut laporan Reuters, film drama dibintangi James Franco itu juga mendapat pemasukan 69,9 dolar dari pemutaran secara internasional, kata Disney, sehingga secara keseluruhan mendapat 150,2 juta dolar dalam pemutaran perdana di seluruh dunia.

Pemutaran Oz menguasai gedung bioskop selama akhir pekan menurut perkiraan studio pada Minggu.

Film keluarga lain yang berada di bawahnya adalah "Jack The Giant Slayer" dengan mendapat 10 juta dolar AS di negeri Paman Sam saja, memasuki pekan kedua pemutarannya.

Sedangkan film komedi Melissa McCarty "Identity Thief" menempati urutan ketiga dengan mendapat pemasukan dari tiket sebesar 6,3 juta dolar AS.

Perolehan Oz itu menjadi awal yang baik untuk film yang diproduksi dengan biaya 200 juta dolar tersebut, yang merupakan film drama dari kisah klasik Hollywood The Wizard of Oz produksi 1939.

Bintang Franco yang berperan sebagai pesulap yang diterbangkan balon udara dan mendarat di negeri antah-berantah yang membuatnya tersihir tanpa sengaja.

Michele Williams, Mila Kunis dan Rachel Weisz berperan sebagai tiga penyihir dalam petualangan ini.

Disney menghabiskan 100 juta dolar untuk promosi memasarkan film ini dengan berbagai atraksi termasuk perjalanan balon udara keliling negara.

Penerjemah: Maria Dian A

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013