Saya di sini (GIC) juga melihat beberapa pemain yang mungkin nanti akan diberikan kesempatan kita panggil untuk timnas U-17
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-17 Bima Sakti mengantongi sejumlah nama pemain baru guna memperkuat timnas di Piala Dunia U-17 2023 hasil pemantauan dari Garuda International Cup (GIC) 3 yang bergulir di ASIOP Training Ground, Sentul, Jawa Barat, Kamis-Minggu (6-9/7).

"PSSI memberikan kesempatan kepada siapa pun pemain Indonesia. Saya di sini (GIC) juga melihat beberapa pemain yang mungkin nanti akan diberikan kesempatan kita panggil untuk timnas U-17," ujar Bima kepada pewarta usai memantau pertandingan final GIC 3 di ATG, Minggu.

Meski begitu, Bima tidak menyebut nama dan jumlah pemain yang masuk dalam radar pemantauannya tersebut.

"Kalau ini kami tidak bisa bocorkan. Kami akan TC (pemusatan latihan) dan nanti akan ada promosi dan degradasi. Seleksi lagi dan dari kompetisi GIC ini akan diberi kesempatan," ujar Bima menambahkan.

Rangkaian pertandingan GIC 3 2023 telah selesai. ASIOP berhasil menjadi juara untuk kelompok usia 17 tahun.

Penutupan turnamen usia muda Garuda International Cup 3 berlangsung meriah. Selain Bima Sakti, turut hadir Committee Advisor GIC 3 Benny Sutrisno, jajaran Steering Committee GIC 3, dan perwakilan sponsor.

Persaingan edisi kali ini makin sengit karena diikuti 32 kontestan dari tujuh negara yaitu Indonesia, Jepang, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Baca juga: Tim dari tujuh negara bersaing di Garuda International Cup 2023

Pada kelompok usia 12 tahun kategori Cup dimenangi Johor Darul Takzim (JDT) Malaysia usai mengalahkan ASIOP Merah 1-0 di laga final, Minggu (9/7). Sementara di posisi ketiga ditempati NFDP dan peringkat keempat diraih ASIOP Biru.

Kemudian untuk kelompok usia 12 kategori Plate menjadi milik Bali Next Generation, runner up ditempati Nahusam FA, peringkat ketiga ditempati DY FC Batam, dan peringkat keempat diraih Best FC Malaysia.

Kelompok usia 17 tahun kategori Cup berhasil dimenangkan oleh ASIOP Merah usai mengalahkan Diklat Merden di final. Sementara di peringkat ketiga ditempati Heijnes Papua dan peringkat keempat diraih Ricky Nelson Academy.

Pada kelompok usia 17 tahun kategori Plate, Safin Pati menjadi pemenang, runner-up diraih Woodlands Warriors Singapura, peringkat ketiga direbut Central Visayas Filipina, dan posisi keempat ditempati FC Katipunan Filipina.

Project Director GIC 3 Wahyu Budiarto bersyukur turnamen edisi ketiga ini bisa berlangsung lancar, meriah dan sukses.

“Turnamen kali ini berlangsung seru, menarik, dan berkualitas karena diikuti tujuh negara dan digelar menjelang Piala Dunia U-17 2023. Persaingan antartim juga ketat sampai di laga final. Kami bersyukur turnamen bisa berjalan sukses. Bahkan, beberapa tim sudah menyatakan komitmennya untuk ikut lagi tahun depan. Bahkan dengan membawa tim yang lebih banyak,” ujar Wahyu.

Baca juga: Indra Sjafri berharap Garuda International Cup bisa seperti Gothia Cup

Wahyu juga mengucapkan terima kasih kepada para sponsor yang telah mendukung GIC 3 yaitu Transtama Logistics, Sompo Insurance, AQUA, Specs, RS EMC, City Trans Utama, Joyday, dan ASIOP Training Ground (ATG) Sentul.

“Tentunya tanpa dukungan para sponsor kita juga akan sulit untuk menggelar turnamen internasional yang besar seperti ini. Kami berharap pihak sponsor bisa terus mendukung GIC di tahun-tahun berikutnya karena kami berencana untuk menggelar turnamen yang lebih besar tahun depan. Tentunya ini semua demi mendukung kemajuan sepakbola Indonesia,” ujar Wahyu.

Selain sepak bola, GIC 3 juga menggelar Dance Competition se-Jabodetabek yang berhasil dimenangi Virtu 5 Dancers SMAN 5 Bogor.

Kemudian runner up diraih tim The Glam dari SMAN 44 Jakarta. Sementara di peringkat ketiga diraih tim Pesona Cipta Mahakam dari SMAN 6 Jakarta. Sedangkan peringkat keempat diraih oleh The Riko DC dari SMAN 2 Depok..

Daftar Juara CUP U12
Juara 1 : Johor Darul Ta'zim
Runner Up: Asiop Merah
Peringkat 3 : NFDP
Peringkat 4 : ASIOP BIRU

Daftar Juara PLATE U12
Juara 1 : Bali Next Generation
Runner Up : Nahusam FA
Peringkat 3 : DY FC BATAM
Peringkat 4 : BEST FC

DAFTAR JUARA CUP U17:
Juara 1 : Asiop Football Academy
Runner Up : Diklat merden
Peringkat 3 : HEIJNES FS
Peringkat 4 : RICKY NELSON

Daftar Juara PLATE U17
Juara 1 : Safin Patin
Runner Up : Woodlands Warriors
Peringkat 3 : cental visayas
Peringkay 4 : fc katipunan

Penghargaan Individual U-12 :
Best Coach : Mohd Hafiz Bin Zainal (JDT)
Best GK : Raul Gonzales (ASIOP)
Top skorer : M. Farish Haqiemi Bin M Azharuddin (JDT/10 gol)
Best Player : M. Farish Haqiemi Bin M Azharuddin (JDT)

Daftar Penghargaan Individual U-17
Best Coach : Ahmad Zulkifli (ASIOP)
Best GK : Dzaki Nurfaizi (ASIOP)
Top scorer: Marselinus Ama Ola (ASIOP) dan RENDGRA YANUARIE ( Ricky Nelson Academy) Torehan 5 Gol
Best Player : Ji Da Bin (ASIOP)

Baca juga: Erick Thohir bersyukur Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023
Baca juga: PSSI selaraskan seleksi Garuda Select dan Timnas U-17

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023