Jakarta, Indonesia (ANTARA/PRNewswire)- Mitra Bukalapak, bagian dari perusahaan teknologi asal Indonesia Bukalapak (IDX:BUKA), menyediakan berbagai sarana pengembangan bisnis bagi warung, termasuk yang berada di wilayah terpencil. Mitra Bukalapak melaporkan, 72% transaksi berasal di luar kota-kota besar. Tren ini mencerminkan potensi masif di kota-kota pinggiran.

Saat ini, lebih dari 16 juta pengguna Mitra Bukalapak dapat membeli stok barang dengan mudah berkat fitur di aplikasi ini. Mitra Bukalapak mempermudah layanan pengantaran barang, dan menawarkan harga kompetitif mengingat produk berasal dari produsen. Hasilnya, pemilik warung dapat melakukan diversifikasi penawaran produk sehingga mereka memiliki penghasilan yang lebih besar, bahkan mampu menyaingi peritel modern.

Mitra Bukalapak juga membantu penggunanya menawarkan 42 layanan digital dan keuangan, termasuk transfer uang dan pembayaran tagihan. Sebelumnya, layanan tersebut hanya tersedia di ATM dan bank. Hal ini mendukung peran warung sebagai agen inklusi keuangan di tengah masyarakat.

"Aksesibilitas sebelumnya menjadi salah satu tantangan yang dihadapi pemilik warung. Dengan mengandalkan teknologi, kami membantu pemilik warung menjawab tantangan tersebut, mengembangkan bisnis, serta mengubah mereka menjadi gerai modern," ujar Howard Gani, CEO, Mitra Bukalapak.

Kisah Transformasi Nyata

Waryanto, pemilik warung asal Banten, berhasil mengubah warungnya menjadi gerai modern yang menjajakan produk fisik dan virtual sejak menggunakan Mitra Bukalapak pada 2018.

Mengelola stok barang juga semakin mudah bagi dirinya menggunakan aplikasi Mitra Bukalapak.Selain itu, Waryanto dapat menyediakan layanan yang lebih baik bagi semua pelanggan produk virtualnya. Bahkan, warungnya sekarang lebih luas, dari yang sebelumnya hanya 9 ㎡ dan berlokasi di depan rumah, kini warung tersebut berubah menjadi sebuah mini market yang lebih luas hingga mencapai 84 ㎡. Tata letak warung milik Waryanto pun meniru gerai modern, produk ditempatkan menurut kategori spesifik agar mudah dilihat.

Dari sisi pengelolaan bisnis, Waryanto memanfaatkan fitur pembukuan di aplikasi Mitra Bukalapak. Dia mudah mencatat setiap transaksi dan memantau pendapatannya.

Secara keseluruhan, Waryanto sukses meningkatkan penghasilannya hingga 10 kali lipat. "Saya sangat bersyukur. Apalagi juga saya kini dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Saya sekarang memiliki dua orang pegawai. Kami juga bisa merenovasi rumah, serta memperluas warung agar bisa menyediakan layanan cuci pakaian dan penyewaan kamar," katanya.

Mitra Bukalapak telah mentransformasi kehidupan pemilik warung. Hal ini mendorong Mitra Bukalapak terus beradaptasi dengan kebutuhan pemilik usaha kecil yang terus berkembang di Indonesia. Dengan demikian, Mitra Bukalapak selalu berkomitmen membuat perubahan positif dan memberdayakan lebih banyak komunitas di seluruh Indonesia.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023