Lombok, NTB (ANTARA) - Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat akan kembali menggelar kompetisi kendaraan hemat energi Shell Eco-marathon (SEM) pada 2024 yang rencanakan diselenggarakan pada Juli.

Hal ini dikatakan oleh Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia Ingrid Siburian ketika ditemui awak media bersama rombongan Menteri Badan Usaha dan Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang hadir pada tahapan Regional Championship di hari terakhir SEM Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 di Sirkuit Mandalika, Minggu (9/7).

“Kita akan mengadakan Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2024 di Mandalika pada bulan Juli,” kata Ingrid.

Tak hanya itu, Ingrid mengumumkan bahwa tahun depan Indonesia juga menjadi tuan rumah kejuaraan dunia SEM World Championship yang tahun ini diselenggarakan di Bangalore, India, 10-12 Oktober.

Baca juga: Tiga tim Indonesia ikuti Shell Eco-marathon World Championship 2023
Baca juga: Indonesia sabet semua gelar di kategori Urban Concept SEM 2023


SEM World Championship adalah ajang yang tak hanya adu hemat energi tapi juga adu kecepatan dan diikuti oleh perwakilan regional SEM dari Amerika dan Eropa.

“Di Minggu yang sama kita akan mengadakan Driver World Championship di Mandalika, itu sudah diputuskan, sudah confirm," ujarnya.

Ingrid kemudian mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pihak-pihak terkait atas kembalinya Indonesia menjadi tuan rumah SEM pada tahun depan.

“Memang kita patut berbangga dengan adanya dukungan tentunya dari Pak Menteri, Pak Gubernur, sehingga kita tetap melangsungkan event internasional ini di sirkuit Mandalika,” ucap Ingrid saat penyerahan podium Regional Championsip yang mendapatkan pemenang tim asal Singapura TP ECO FLASH dari Temasek Polytechnic, Minggu.

Penunjukan sirkuit Mandalika sebagai tuan rumah SEM menjadikan sirkuit yang diresmikan pada November 2021 itu akan menggelar SEM untuk ketiga kalinya.

Selama dua kali menyelenggarakan kompetisi kreativitas antar anak teknik kenamaan itu, Indonesia terus mendominasi dengan meraih lima juara dari enam kategori kompetisi on-track dan satu juara dari enam kategori kompetisi off-track SEM 2022 dan juga meraih empat juara dari enam kategori on-track dan satu juara dari enam kategori kompetisi off-track SEM 2023.

Baca juga: Indonesia tambah dua piala dari dua kategori Shell Eco-marathon 2023

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023