Calon rektor itu yakni Dekan Fakultas Hukum Unpatti, Dr Rory Akyuwen, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Fredy Leiwakabessy, Wakil Rektor Bidang Mahasiswa dan Alumni Dr Jusuf Madubun, Dekan FKIP Prof Izaak Wenno, dan Dekan FMIPA Prof Pieter Kakisina
Ambon (ANTARA) - Panitia Pemilihan Rektor (PPR) menyatakan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Provinsi Maluku menetapkan lima nama orang calon rektor yang lolos verifikasi berkas untuk pemilihan Rektor Unpatti masa bakti 2023-2027.

"Verifikasi dilakukan oleh 11 anggota tim yang telah bekerja secara profesional, dan kelima bakal calon rektor yang mendaftarkan diri dinyatakan telah memenuhi syarat dan lolos verifikasi berkas," kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor (PPR) Unpatti Jantje Tjiptabudi dalam keterangan yang diterima di Ambon, Senin.

Ia merinci kelima bakal calon rektor tersebut yakni Dekan Fakultas Hukum Unpatti, Dr Rory Akyuwen, Wakil Rektor Bidang Akademik Unpatti Prof Fredy Leiwakabessy, Wakil Rektor Bidang Mahasiswa dan alumni Dr Jusuf Madubun, Dekan FKIP Unpatti Prof Izaak Wenno, dan Dekan FMIPA Unpatti Prof Pieter Kakisina.

Senada dengan hal itu Sekretaris PPR J. Pagaya, menjelaskan bahwa telah dilakukan proses verifikasi tersebut dengan 17 komponen berkas calon rektor sesuai ketentuan yang berlaku.

"Setelah proses ini maka hasil verifikasi dari panitia akan diserahkan pada Senat Universitas sesuai ketentuan," katanya.

Sementara itu Ketua Senat Unpatti, Prof Nirahua mengatakan, sesuai dengan Peraturan Menristekdikti Nomor 19 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri, maka Senat Universitas Pattimura menindaklanjuti hal tersebut dengan Peraturan Senat Nomor 1 dan 2 tahun 2023.

Dijelaskannya ada empat tahapan pengangkatan rektor, yakni penjaringan bakal calon rektor, tahapan kedua adalah penyaringan calon rektor. Tahapan ketiga adalah pemilihan calon rektor, dan tahapan ke empat adalah penetapan dan pelantikan rektor.

“Jadi tahapan pertama dan kedua itu dilaksanakan Senat Universitas Pattimura. Pada tahapan penyaringan senat akan memilih urutan satu sampai tiga dari bakal calon rektor yang nantinya akan disampaikan ke kementerian. Selanjutnya akan dilakukan pemilihan calon rektor bersama dengan menteri," katanya.

"Inilah beberapa proses tahapan yang sudah ditetapkan oleh Permenristekdikti," demikian Nirahua.

Baca juga: Tolak pemilihan rektor, mahasiswa Unpatti Ambon demonstrasi

Baca juga: Rektor Unpatti keluhkan akses internet hambat proses kuliah daring

Baca juga: Mendiknas akan hadiri pemilihan rektor Unpatti Ambon

Baca juga: Wakil Rektor: Unpatti harus berkontribusi jaga kualitas lingkungan


Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023