Jakarta (ANTARA) - Timnas bulu tangkis Indonesia gagal meraih kemenangan ketiga atas India setelah tunggal putri Ruzana dikalahkan Rakshitha Sree Santhosh Ramraj pada laga perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia (BAJC) 2023.

Akibat kekalahan 18-21, 21-10, 21-23 tersebut, langkah tim junior Indonesia untuk sementara tertahan 2-1 oleh India dalam perempat final yang berlangsung di Yogyakarta, Senin.

"Pertama bersyukur terlebih dulu menyelesaikan pertandingan tanpa mengalami cedera. Pada awalnya semua berjalan dengan baik, saya kehilangan fokus mulai dari pertengahan gim ketiga. Pada poin-poin kritis saya mulai kehilangan fokus hingga akhirnya tersusul," ungkap Ruzana melalui informasi tertulis PP PBSI di Jakarta.

Ruzana menceritakan, bahwa permainannya sudah mulai mengendur saat masuk interval gim penentu. Puncaknya ialah saat poin kritis, Ruzana kehilangan permainan terbaiknya sehingga harus menyerah dalam tempo 69 menit.

Menurut Ruzana permainan Rakshitha Sree Santhosh Ramraj pada laga tersebut lebih lepas. Tidak heran pemain India tersebut bisa menguasai jalannya pertandingan dan mampu memenangkan laga.

"Saya melihat bola serangan lawan lebih kuat. Saya malah lebih banyak membuat kesalahan sendiri," kata Ruzana.

Baca juga: Adrian/Felisha buka keunggulan Indonesia di perempat final BAJC

Dengan kekalahan itu, Ruzana mencoba memperbaiki kekurangannya khususnya pada masalah fokus pertandingan. Diharapkan dengan adanya evaluasi permainan Ruzana jauh lebih baik ke depannya.

"Saya ingin memperbaiki fokus bermain. Sebisa mungkin saya tidak mau banyak membuat kesalahan sendiri. Sedih pastinya gagal menang dan tidak bisa memastikan kemenangan Indonesia di perempat final melawan India," pungkas Ruzana.

Dengan hasil ini India mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-2 lawan Indonesia pada babak delapan besar BAJC 2023.

Pada pertandingan ini Indonesia membuka skor lewat ganda campuran Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu, yang menang dua gim langsung atas Samarveer/Radhika Sharma dengan skor 21-16, 21-15.

Skuad Garuda Muda menggandakan kedudukan menjadi 2-0 melalui kapten tim Alwi Farhan. Pada partai kedua tunggal putra peringkat ke-96 dunia itu menang melawan atas Ayush Shetty dengan skor 18-21, 21-15, 21-19.

Baca juga: Sang kapten timnas bawa Indonesia pimpin 2-0 atas India pada BAJC

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023