Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mengalokasikan anggaran pelaksanaan pesta budaya dan wisata Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023 yang dilaksanakan mulai 19 sampai 30 Juli sebesar Rp330 juta.

Kepala Bidang Budaya dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Pariaman Emri Joni di Pariaman, Senin mengatakan anggaran Rp330 juta untuk pembuatan dan pelaksanaan prosesi Tabuik. Satu Tabuik dianggarkan Rp165 juta karena Tabuik dua yaitu Tabuik Pasa dan Subarang maka dananya Rp330 juta.

Ia mengatakan dana tersebut diserahkan kepada tokoh Tabuik kedua belah pihak guna digunakan untuk pembelian bahan dan pembuatan Tabuik, pelaksanaan sejumlah prosesi dalam Tabuik, transportasi, serta kostum.

Ia menyampaikan besaran dana yang dialokasikan tersebut sudah beberapa kali dikomunikasikan dengan tokoh Tabuik di Pariaman. Meskipun kedua pihak Tabuik meminta dana ditambah masing-masingnya Rp15 juta namun karena Pemkot Pariaman keterbatasan anggaran maka dana Rp165 juta pun disetujui.

Ia menyebutkan besaran anggaran untuk pelaksanaan Tabuik pada tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya besaran dananya untuk masing-masing Tabuik hanya Rp130 juta.

"Perbandingan harga rasanya logis karena pimpinan dan anggota dewan meminta anggarannya jangan dikurang-kurangi," kata Emri.

Menurut dia, Tabuik merupakan ikon Pariaman yang tidak dimiliki oleh daerah lain sehingga kegiatan budaya dan wisata yang dilaksanakan setiap tahun itu mampu mendatangkan ratusan ribu wisatawan ke kota tersebut sehingga dapat menggerakkan perekonomian warga setempat.

"Daerah lain banyak yang iri, mereka banyak melaksanakan acara wisata namun kunjungannya belum ada yang melebihi pelaksanaan Tabuik," ujarnya.

Ia menambahkan untuk memeriahkan pelaksanaan Tabuik Pemkot Pariaman mempersiapkan berbagai kegiatan lainnya selain prosesi Tabuik. Kegiatan tersebut tidak saja bidang keagamaan namun juga seni, budaya, serta hiburan rakyat.

Bentuk Tabuik yaitu menyerupai buraq dan keranda yang terbuat dari kayu dan rotan setinggi belasan meter yang dihiasi berbagai pernak pernik. Prosesi pembuatan Tabuik diawali dengan maambiak tanah atau mengambil tanah yang kemudian pada prosesi puncak Tabuik dibuang ke laut.

Ia mengatakan sepanjang pelaksanaan Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023 akan dilaksanakan berbagai kegiatan baik di panggung utama yang berada di Pantai Gandoriah maupun sejumlah lokasi lainnya.

"Banyaknya kegiatan selain prosesi Tabuik maka dapat menghibur wisatawan di sela mengikuti prosesi budaya yang dilaksanakan setiap tahun itu," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023