Pengembangan kawasan pecinan sebagai lokasi wisata baru direncanakan di Teluk Betung, salah satunya untuk menarik wisatawan
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung mematangkan pengembangan kawasan wisata pecinan (Chinatown) di daerah itu guna menarik wisatawan domestik dan mancanegara, terutama dari ASEAN.

"Pengembangan kawasan pecinan sebagai lokasi wisata baru direncanakan di Teluk Betung, salah satunya untuk menarik wisatawan," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Bandarlampung, Dirmansyah  dihubungi di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan bahwa saat ini Pemkot Bandarlampung sedang dalam tahap pembicaraan dengan para pihak terkait di lokasi tersebut, terkait desain gerbang masuk dan keluar serta penanggung-jawabnya.

"Termasuk, pedagang, pelaku UMKM serta pemilik ruko di sepanjang jalur yang akan dijadikan kawasan Chinatown, mereka akan kami ajak bicara," kata dia.

Ia pun mengatakan bahwa guna memikat pengunjung nantinya, di kawasan pecinan tersebut akan disuguhkan perihal sejarah terbentuknya Kota Bandarlampung, yang bermula dari kota pelabuhan, distrik dimana kantor keresidenan berada di Teluk Betung.

Baca juga: Ekspor komoditas Lampung ke Vietnam alami kenaikan

Baca juga: Pemprov Lampung perbaiki tata kelola pariwisata tarik wisatawan ASEAN


"Selain itu, di sana juga disajikan wisata sejarah (budaya), wisata religi (ibadah), karena terdapat dua klenteng, serta masjid tertua di Lampung," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh khas Lampung yang banyak dijajakan di lokasi tersebut.

"Jadi kalau dari APBD pengembangan lokasi Chinatown ini akan berjalan pada 2024, tetap untuk partisipasi masyarakat mungkin akhir tahun setelah perencanaannya disetujui," kata dia.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Bandarlampung Iwan Gunawan menargetkan dua juta wisatawan masuk ke Bandarlampung pada tahun 2023, hal itu berdasarkan data yang data yang dimiliki bahwa kunjungan wisatawan ke Bandarlampung pada tahun 2021 berjumlah 810.000 meningkat menjadi 1,73 juta orang.

Baca juga: APJI Lampung: Engkak ketan berpotensi dipasarkan ke kawasan ASEAN

Baca juga: Pemkab Lampung Selatan minta peternak lapor ternak sakit cegah antraks

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023