Semua orang yang mengoperasikan sistem teknologi MLFF akan tetap di Indonesia, sistem teknologi ini juga dioperasikan oleh perusahaan Indonesia dan tenaga kerja Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) mengungkapkan sistem transaksi tol nirsentuh tanpa henti atau multi lane free flow (MLFF) akan sepenuhnya menjadi milik Indonesia setelah beroperasi selama sembilan tahun.

"Transfer teknologi MLFF akan diserahkan sepenuhnya kepada Indonesia. Setelah beroperasi selama sembilan tahun, maka Roatex melakukan serah terima sepenuhnya seluruh teknologi MLFF kepada pihak Indonesia," ujar Direktur Utama RITS Attila Keszeg di Jakarta, Senin.

RITS juga berkomitmen untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada tenaga kerja Indonesia yang mengoperasikan sistem teknologi MLFF.

"Semua orang yang mengoperasikan sistem teknologi MLFF akan tetap di Indonesia, sistem teknologi ini juga dioperasikan oleh perusahaan Indonesia dan tenaga kerja Indonesia," kata Attila.

Menurut dia, MLFF mengadopsi teknologi global navigation satellite system (GNSS) yang memungkinkan transaksi melalui aplikasi smartphone dan terdeteksi via satelit.

Keakuratan sistem MLFF ini juga didukung penggunaan sejumlah kamera di ruas-ruas tol dan mobile control unit (MCU) atau unit kontrol bergerak yang tersebar secara acak yang terhubung ke pusat kontrol.

Sistem MLFF telah terbukti mampu meningkatkan efisiensi waktu tempuh dan mendukung digitalisasi pembayaran karena pengguna kendaraan yang melalui jalan tol tidak perlu berhenti untuk melakukan transaksi pembayaran melalui pintu-pintu tol.

Tentunya, hal ini juga menyebabkan hilangnya konsentrasi kendaraan di pintu-pintu tol, sehingga mampu mengurangi polusi emisi karbon.

Kehadiran MLFF sebagai foreign direct investment (FDI) hasil kerja sama bilateral antara Indonesia dan Hungaria, diharapkan dapat merevolusi perjalanan menggunakan jalan tol menjadi lebih lancar dan efisien dan mendukung Indonesia memasuki era toll roads technology 4.0.

Baca juga: Roatex Indonesia: Transparansi MLFF akan tingkatkan penerimaan pajak
Baca juga: Pemerintah Hongaria berharap proyek MLFF di Indonesia dapat terlaksana
Baca juga: Menteri PUPR: Transaksi tol nirsentuh tetap diberlakukan di Desember

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023