Kami menyalurkan bantuan sembako kepada 137 kepala keluarga (KK) di Dusun Sumberlangsep yang berada di seberang sungai untuk memenuhi kebutuhan mereka
Lumajang, Jatim (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menyalurkan bantuan paket sembako di daerah terisolasi lahar dingin Gunung Semeru yang berada di Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Kabupaten Lumajang, Senin.

"Kami menyalurkan bantuan sembako kepada 137 kepala keluarga (KK) di Dusun Sumberlangsep yang berada di seberang sungai untuk memenuhi kebutuhan mereka," kata Kepala Bidang Kedaruratan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Lumajang Atma Teguh Pambudi di Lumajang, Senin (10/7) 2023.

Ia mengatakan pihak BPBD Lumajang berkoordinasi dengan pihak perangkat Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro untuk mengupayakan pemenuhan kebutuhan riil warga yang terisolasi tersebut.

"Wilayah Dusun Sumberlangsep merupakan salah satu wilayah yang terisolir karena akses utamanya yang melewati jembatan limpas rusak akibat diterjang banjir lahar dingin Gunung Semeru beberapa waktu yang lalu," kata Atma Teguh Pambudi.

Sebelumnya Bupati Lumajang Thoriqul Haq meminta warga di Dusun Sumberlangsep untuk pindah di kawasan relokasi yang lebih aman yakni di lahan relokasi Bumi Semeru Damai di Desa Sumbermujur.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan disebutkan tidak sedikit warga yang menolak relokasi karena berat meninggalkan rumah dan mata pencaharian yang menjadi penopang hidup sehari-hari warga di Dusun Sumberlangsepan, bahkan beberapa warga mengusulkan agar pemerintah membangun kembali tanggul yang sudah jebol tersebut.

Dalam video penyaluran bantuan warga terisolir di Dusun Sumberlangsep yang diunggah akun media sosial Thoriqul Haq terlihat BPBD bersama warga dan TNI/Polri, serta relawan bahu membahu menyalurkan bantuan dengan melintasi aliran sungai yang dilewati lahar dingin Semeru.

Selain Dusun Sumberlangsep, berdasarkan data BPBD Lumajang mencatat bahwa sebanyak 38 KK di Dusun Kebondeli Selatan, Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang juga terisolir karena akses jembatan putus diterjang derasnya banjir lahar dingin Gunung Semeru.

Baca juga: Wabup Lumajang imbau warga terdampak banjir tinggal di pengungsian

Baca juga: Pemerintah petakan kerusakan infrastruktur akibat lahar dingin Semeru

Baca juga: Pemerintah pastikan logistik warga terisolir lahar dingin Semeru aman

Baca juga: Banjir lahar dingin Semeru, Lumajang tetapkan tanggap darurat 14 hari

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023