Solo (ANTARA News) - Tim Persibo Bojonegoro tidak mampu memenuhi ambisinya meraih poin setelah dibantai New Radiants SC Maladewa dengan skor 0-7 pada babak penyisihan Grup F Piala AFC 2013, di Stadion Manahan Solo, Selasa petang.

Pertandingan antara tuan rumah Persibo melawan New Radiants SC Maladewa yang disaksikan sekitar 2000 penonton berjalan tidak seimbang. Kualitas tim tuan rumah kelihatan masih di bawah New Radiants.

New Radiants memiliki pemain dengan kemampuan yang merata. Mereka yang menampilkan permainan cepat melalui umpan satu-dua sentuhan itu membuat tim tuan rumah kewalahan mengimbangi serangan lawan.

Pada menit 10 babak pertama, gawang Persibo sudah kebobolan melalui tendangan kaki Mohamed Umair setelah memanfaatkan umpan dari Ali Asfaq. Kedudukan menjadi 0-1 untuk New Radiants.

Persibo yang lemah di barisan belakang kembali kebobolan melalui kerja sama Mohamed Umair dengan Ali Asfaq. Ali Asfaq yang menerima umpan dari belakang langsung meloloskan diri dari penjagaan pemain Persibo, kemudian mengecoh kiper Happy Kurniawan sehingga membuat gol dan mengubah kedudukan menjadi 0-2.

Persibo sebenarnya memiliki dua kesempatan untuk membuahkan gol melalui Julio Cesar menit 26 dan Han Jiho menit 30. Namun, tembakan kedua pemain asing Persibo itu masih mampu diselamatkan kiper New Radiants.

Kedudukan 0-2 tersebut tetap bertahan hingga wasit yang memimpin pertandingan, Perera, berasal dari Srilanka meniup peluit panjang tanda babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Persibo meningkatkan tempo permainan untuk mengejar ketinggalan gol atas New Radiats. Namun, pemain New Radiants yang bermain konsisten dan disiplin sulit ditembus Persibo.

Persibo kembali kebobolan gol melalui serangan cepat Ali Asfaq yang lolos sendirian dan langsung melakukan tembakan ke arah gawang Happy Kurniawan, sehingga terjadi gol dan mengubah kedudukan menjadi 0-3.

New Radiants kembali menambah gol melalui kaki Ali Asfaq, setelah tembakannya dari bola mati dari luar kotak penalti mampu masuk di sudut gawang Persibo pada menit 58, sehingga skor menjadi 0-4.

Persibo kembali dipermalukan New Radiants, setelah Umar Ali mampu memanfaatkan kesalahan seorang pemain belakang tim tuan rumah menit 65. Umar Ali yang berhadapan dengan kiper, menembak bola hingga masuk ke gawang Persibo, sehingga kedudukan menjadi 0-5.

Pemain depan New Radiants, Ali Asfaq, yang bermain cemerlang saat menghadapi tuan rumah Persibo, kembali menambah gol pada menit 69. Ali Asfaq yang lolos dari jebakan offside langsung menjebloskan bola ke gawang Happy Kurniawan, sehingga skor menjadi 0-6.

Saat Persibo sudah ketinggalan enam gol tersebut, justru seorang pemainnya, Edy Gunawan, pada menit 76 mendapat kartu merah dan dikeluarkan oleh wasit karena Edy Gunawan telah melakukan pelanggaran keras dengan sengaja menendang seorang pemain lawan.

Persibo yang menjadi bulan-bulan tim berasal dari Maladewa tersebut terus berupaya melakukan serangan, untuk memperkecil ketinggalan gol. Namun, pemain New Radiants yang disiplin menjaga lawan sulit ditembus tuan rumah.

Persibo pada menit 79 justru kebobolan lagi melalui kaki Ali Asfaq. Gol Ali Asfaq terjadi setelah dia lolos lagi dari jebakan off side, sehingga kedudukan menjadi 0-7.

Persibo mendapat peluang satu-satunya di babak kedua melalui bola umpan silang dari Teguh Wahyudi kepada Juan Marcelo. Namun, Juan yang tinggal menyentuh bola sedikit saja gagal memasukkan gol, sedangkan bola dibuang keluar oleh pemain belakang New Radiants. Kedudukan tetap 0-7 untuk tim tamu hingga babak kedua usai.

Wasit Perera mengeluarkan empat kartu kuning untuk Abdulla Ahmad (New Radiants SC), Juan Marcelo, Tri Rahmad, Sigit Meiko (Persibo), sedangkan satu kartu merah untuk Edy Gunawan.

Pelatih Persibo Bojonegoro Gusnul Yakin mengaku kekalahan timnya melawan New Radiants dengan skor 0-7 merupakan hasil yang memalukan, karena pemainnya tidak disiplin menjaga daerahnya.

"Kami juga banyak menurunkan pemain amatir dan mereka belum pengalaman di pertandingan profesional. Kami lemah di sektor belakang, sedangkan lawan pemain sangat disiplin melakukan `pressing`," katanya.

Ia mengaku akan membenahi kekurangan tim.

"Kami ke depan tetap akan membenahi kekurangan tim. Kami memang jauh di bawah New Radiants," katanya.

Pelatih New Radiantas SC Maladewa Velizar Popov menyatakan bangga karena anak asuhnya bermain bagus sehingga mengalahkan Persibo dengan angka telak.

"Saya terima kasih dengan anak-anak bermain disiplin dan konsisten menjaga daerahnya. Saya juga terima kasih kepada suporter Indonesia yang mendukung timnya hingga dua kali 45 menit," katanya.

Kapten New Radiants SC Maladewa Mran Mohamed mengaku tidak menyangka timnya mampu mengalahkan Persibo dengan angka luar biasa.

"Saya nilai Persibo tim yang cukup bagus, dan timnya berhasil karena pemain disiplin menjaga lawan," katanya.  (B018/M029)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013