Singapura (ANTARA) - Harga minyak menguat di perdagangan Asia pada Selasa sore, memulihkan beberapa kerugian dari sesi sebelumnya, karena para pedagang fokus terhadap pengurangan pasokan oleh eksportir minyak terbesar dunia Arab Saudi dan Rusia dan dolar yang lebih lemah.

Minyak mentah berjangka Brent terangkat 31 sen atau 0,4 persen, menjadi diperdagangkan di 78 dolar AS per barel pada pukul 06.26 GMT. Minyak mentah West Texas Intermediate AS meningkat 35 sen atau 0,5 persen, menjadi diperdagangkan pada 73,34 dolar AS per barel.

Pemotongan pasokan oleh eksportir minyak terbesar dunia Arab Saudi dan Rusia ditetapkan untuk Agustus membantu mengangkat harga acuan, yang juga didukung dolar AS yang jatuh ke level terendah dua bulan. Dolar yang lebih lemah membuat minyak mentah lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya dan seringkali meningkatkan permintaan minyak.

"Minyak telah menemukan titik terendah dan satu-satunya hal ... yang dapat menembusnya adalah jika inflasi AS sangat panas dan Fed dipaksa untuk memperketat ekonomi ini ke dalam resesi," kata Edward Moya, seorang analis di OANDA.

Sementara pejabat bank sentral mengatakan Federal Reserve AS kemungkinan akan perlu menaikkan suku bunga lebih lanjut untuk menurunkan inflasi, pasar terhibur dari indikasi pejabat juga berpikir siklus pengetatan kebijakan moneter saat ini hampir berakhir.

"Keputusan China untuk meningkatkan dukungan untuk sektor real estat dengan tujuan lebih lanjut menopang kepercayaan membantu lonjakan harga minyak," kata Tina Teng, seorang analis di CMC Markets.

Data pinjaman yuan baru China dan neraca perdagangan, serta inflasi AS, akan dipantau secara ketat oleh pasar dalam beberapa hari mendatang, kata Teng.

Pedagang juga menantikan data persediaan minyak mentah AS yang akan dirilis Selasa malam dari kelompok industri American Petroleum Institute (API). Para analis memperkirakan kenaikan 200.000 barel.

Baca juga: Harga emas tergelincir menjelang rilis data inflasi Amerika
Baca juga: Dolar turun saat siklus kenaikan Fed hampir berakhir, fokus inflasi AS
Baca juga: Wall Street ditutup lebih tinggi jelang data inflasi dan keputusan Fed

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023