Kerja sama dengan mitra industri luar negeri sangat penting untuk menciptakan iklim pembelajaran dan persaingan global sejak dini
Depok (ANTARA) - Direktur Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI), Padang Wicaksono didampingi empat dosen tetap vokasi, mengunjungi Amazon, Warner Bros Discovery, Microsoft XBOX, di Seattle, Amerika Serikat untuk memperluas program Magang Internasional dan menggalakan kemitraan dengan berbagai perusahaan global.

“Sebagai program pendidikan vokasional, perluasan kerja sama dilakukan tidak hanya ke industri nasional, melainkan juga ke perusahaan kelas dunia. Kami menginisiasi kerja sama dengan Amazon Inc., penjajakan dengan Warner Bros Discovery, serta Microsoft XBOX, khususnya untuk program studi di bidang komunikasi, seperti produksi media dan hubungan masyarakat,” kata Padang di Kampus Vokasi UI Depok, Selasa.

Kerja sama dengan mitra industri luar negeri sangat penting untuk menciptakan iklim pembelajaran dan persaingan global sejak dini.

“Tidak dapat kita mungkiri, saat ini kesempatan dan persaingan dunia kerja tidak mengenal lagi batas wilayah dan area atau sering disebut borderless. Adanya program magang internasional, memungkinkan mahasiswa diberi kesempatan dan memiliki jiwa kompetitif agar dapat diterima dan berkarya di perusahaan-perusahaan luar negeri,” ujar Padang.

Amazon Inc., yang merupakan perusahaan teknologi multinasional di bidang e-commerce, cloud computing, online advertising, digital streaming, dan artificial intelligence menyambut baik kunjungan ini. Penjajakan kerja sama yang dilakukan, yaitu magang mahasiswa, pengajaran, dan community outreach di Amazon Web Services (AWS).

Pilot project kerja sama ini, diimplementasikan pada program studi produksi media yang sudah dimulai dengan mata kuliah inteligensi media, dan berkembang ke program studi hubungan masyarakat, penyiaran multimedia, serta periklanan kreatif. Sementara dengan Microsoft XBOX, program magang sedang digodok untuk dapat mulai diimplementasikan di area Asia Pasifik.

"Kami juga menginisiasi kerja sama laboratorium produksi dengan Warner Bros Discovery. Sebagaimana diketahui Warner Bros merupakan perusahaan media dan entertainment global yang memproduksi konten untuk film, televisi, olahraga, berita, dan permainan,” kata Padang.

Paula Kosasih, MBA, Product Management Lead Warner Bros Discovery, mengatakan bahwa pada dasarnya Vokasi UI dan Warner Bros Discovery memiliki kesamaan nilai, yaitu inovasi terus menerus.

“Perusahaan kami sangat melihat sebuah inovasi sebagai peluang. Kami lihat apa yang dilakukan Vokasi UI dengan melibatkan perusahaan luar negeri dalam proses belajar merupakan inovasi yang visioner. Tentunya ini dapat memberikan pengalaman kepada generasi muda untuk bersaing secara global,” kata Paula.

Baca juga: Menperin: Vokasi jadi praktik terbaik kemitraan industri-pendidikan
Baca juga: Pendidikan vokasi percepat program 100 ribu enterpreneur Sumbar 
Baca juga: Kemendikbud: Kurikulum jadi aspek vokasi responsif terhadap industri

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023