Timika (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengatakan bahwa rombongan Wakil Presiden (Wapres) RI telah tiba pada Selasa (11/7) malam di Bandar Udara Moses Kilangin saat hujan deras.

Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito di Timika, Selasa, mengatakan meskipun hujan deras mengguyur kota tersebut, pesawat yang ditumpangi Wapres RI Prof. Dr. K. H. Ma'ruf Amin dapat mendarat dengan sempurna tanpa kendala.

"Kondisi iklim di Timika memang curah hujannya sangat tinggi dan untuk hari ini memang sejak pagi sudah hujan," katanya.

Menurut Valentinus, meskipun dengan cuaca yang berkabut dan hujan deras Pesawat Boeing 737-400 TNI yang ditumpangi Wapres beserta rombongan dapat mendarat dengan baik.

"Kami atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat mengucapkan selamat datang kepada Wapres RI beserta rombongan di Kabupaten Mimika," ujarnya.

Dia menjelaskan Wapres RI mengunjungi Timika dalam rangka menyerahkan secara simbolis keanggotaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kepada orang asli Papua (OAP) dan meninjau operasi katarak dan bibir sumbing.

"Setelah dari Timika Wapres RI Ma'ruf Amin akan ke Nabire untuk peletakan batu pertama dan penanaman pohon sebagai tanda penetapan lokasi pembangunan Kawasan Kantor Pemerintahan Provinsi Papua Tengah," katanya lagi.

Dia menambahkan setelah dari Timika Wapres RI akan ke Nabire, setelah itu menuju Fak-Fak, Papua Barat untuk meletakkan batu pertama pembangunan Taman Ruang Terbuka Hijau serta meninjau pembangunan proyek prioritas dan produk unggulan.

"Wapres RI juga akan mengunjungi Teluk Bintuni dan Manokwari untuk meninjau proyek strategis di kedua wilayah tersebut sebelum menuju ke Sorong, Papua Barat Daya," ujarnya lagi.
Baca juga: Wapres Ma'ruf tiba di Timika Papua
Baca juga: Ma'ruf Amin lakukan kunjungan kerja selama sepekan di Papua

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023