Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengerahkan sebanyak 158 personel untuk melakukan pengamanan kunjungan kerja (Kunker) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma'ruf Amin di Kota Kendari, Provinsi Sultra.

"Kalau dari kami Polresta Kendari sendiri menurunkan sebanyak 158 personel," kata Kepala Polresta Kendari Kombes Pol Aris Tri Yunarko melalui Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Kompol Asri Dyini saat ditemui di Kendari, Selasa.

Kompol Asri mengatakan bahwa selain dari Polresta Kendari, pengamanan juga dilakukan oleh gabungan TNI-Polri, yakni dari Satuan Brigade Mobile (Sat Brimob), Polda Sultra, dan Korem 143/HO.

"Kalau untuk seluruh jajaran kepolisian yang akan turun pengamanan kunjungan Wapres RI 1.009 personel, itu sudah gabungan semua dari Brimob dan Polres jajaran Polda Sultra," ujar Kompol Asri.

Dia menyampaikan bahwa dalam pengamanan kunjungan kerja orang nomor dua di Indonesia itu, pihaknya akan fokus melakukan pengamanan untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif dan menjauhkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dalam kunjungan tersebut.

"Seperti arahan bapak Kapolresta itu tentang permasalahan kamtibmas, jadi tetap kita amankan sesuai dengan tupoksi kita sebagai anggota Polri," jelas Kompol Asri.

Kompol Asri juga menjelaskan bahwa yang menjadi kendali utama dalam pengamanan kunjungan Wapres RI di Bumi Anoa itu adalah pasukan TNI, dalam hal ini dari Komando Resor Militer (Korem) 143/Haluoleo.

Diketahui Wapres RI Ma'ruf Amin akan melakukan kunjungan kerja di Kota Kendari, Provinsi Sultra, pada tanggal 20 Maret 2024. Dalam kunjungan kerja orang nomor dua di Indonesia itu juga akan sekaligus mengukuhkan pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS).
Baca juga: Wapres bertolak ke Jawa Tengah untuk kunjungan kerja
Baca juga: 2.000 personil disiagakan untuk pengamanan kunker Wapres ke Jambi

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024