Kami menindak lima pelanggaran yakni pelat nomor tidak sesuai aturan dan pengendara tidak pakai helm
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Selatan menindak lima pelanggar lalu lintas di perempatan jalan Prapanca Raya-Wijaya II, Kebayoran Baru dalam Operasi Patuh Jaya 2023.

"Kami menindak lima pelanggar yakni pelat nomor tidak sesuai aturan dan berkendara tidak pakai helm," kata Komandan Regu Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Turjawali) Satlantas Polres Jakarta Selatan Aiptu Jonior saat ditemui wartawan di Jakarta, Selasa.

Jonior menuturkan dari tilang tersebut pihaknya menyita SIM dan STNK dari  pelanggar lalu lintas di kawasan tersebut.

Nantinya SIM dan STNK mereka yang ditahan dapat diambil di Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan.

Adapun Operasi Patuh Jaya 2023 di perempatan jalan Prapanca Raya-Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan berlangsung  sejak pukul 16.00 hingga 22.00 WIB.

Menurut dia, mulai pukul 16.00 WIB di kawasan itu sudah ramai lantaran para pengendara kendaraan mulai pulang usai bekerja.

Berdasarkan pantauan di lokasi, ada sekitar lima personel Polres Metro Jakarta Selatan yang mengarahkan pengendara dan mengendalikan arus lalu lintas.

"Mudah-mudahan dengan adanya patuh jaya ini, jumlah pelanggar bisa menurun," tutupnya.
Suasana di perempatan kawasan Prapanca Raya, Jakarta, Selasa (11/7/2023). ANTARA/Luthfia Miranda Putri
​​​​​
Jonior menegaskan jajarannya tidak menerima pungutan liar dalam bentuk apa pun. Ia mengaku tidak akan meladeni tawaran untuk damai di tempat.

Sementara itu, seorang warga yang ditilang bernama Faisal mengaku tidak mengetahui adanya kegiatan Operasi Patuh Jaya di kawasan itu.

"Saya enggak tahu ada operasi ini, dia (penumpang) enggak pakai helm karena tadinya naik KRL dan tujuan kita ke Serpong," ujar Faisal.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memfokuskan Operasi Patuh Jaya tahun 2023 di sejumlah titik jalan protokol di Jakarta.

"Kami fokuskan di jalan-jalan protokol," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dihubungi pada Selasa.

Sementara itu Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Purwanta menjelaskan Operasi Patuh Jaya 2023 di wilayah Jakarta Pusat masih berjalan normal.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengerahkan 2.938 personel gabungan dalam Operasi Patuh Jaya 2023 yang dilakukan pada 10-23 Juli 2023.
Baca juga: Polda Metro Jaya fokuskan Operasi Patuh Jaya 2023 di jalan protokol
Baca juga: Polri tindak 15.588 kendaraan di hari pertama Operasi Patuh 2023
Baca juga: Kapolda Metro Jaya imbau masyarakat selalu cek perlengkapan kendaraan

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023