Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengajak Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Nasional (Tripnas) dan Dewan Pengupahan Nasional (Depenas) untuk memperkuat soliditas dalam membangun negeri.

"Kami berharap LKS Tripnas maupun Depenas mulai kerja dengan semangat kebersamaan, jangan ada sekat antara pengusaha dan serikat pekerja atau serikat buruh," kata Ida Fauziyah di Jakarta, Selasa.

Dalam acara Perkenalan dan Penyerahan SK Anggota LKS Tripnas dan Depenas Periode 2023-2026, Menaker Ida mengatakan soliditas antarunsur dalam LKS Tripnas dan Depenas sangat diperlukan untuk menghadapi berbagai tantangan ketenagakerjaan, baik yang ada di dalam negeri maupun akibat dinamika global.

Baca juga: Menaker lantik delapan pejabat tinggi pratama Kemnaker

"Diperlukan langkah nyata, terarah, dan saling bersinergi di antara kedua lembaga yaitu LKS Tripnas dan Depenas sebagai lembaga yang dapat memberikan pertimbangan, saran, dan pendapat kepada presiden dalam penyusunan kebijakan dan pemecahan permasalahan ketenagakerjaan secara nasional yang semakin kompleks," katanya.

Depenas adalah lembaga nonstruktural yang bersifat tripartit. Depenas terdiri dari unsur pemerintah, organisasi pengusaha, dan serikat pekerja/serikat buruh. Depenas juga mencakup akademisi dan pakar.

Anggota Depenas diangkat untuk satu kali masa jabatan selama tiga tahun dan dapat diangkat kembali untuk satu kali masa jabatan berikutnya.

Baca juga: Menaker: Norma 100 tingkatkan pelaku usaha wujudkan tempat kerja layak

Depenas bertugas memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah dalam rangka perumusan kebijakan pengupahan dan pengembangan sistem pengupahan nasional.

Sementara LKS Tripnas adalah forum komunikasi, konsultasi, dan musyawarah tentang masalah ketenagakerjaan yang anggotanya terdiri dari unsur organisasi pengusaha, dan serikat pekerja/serikat buruh, dan pemerintah.

Pada tingkat nasional, LKS Tripnas dibentuk dan bertanggung jawab kepada presiden. LKS Tripnas mempunyai tugas memberikan pertimbangan, saran, dan pendapat kepada presiden dan pihak terkait dalam penyusunan kebijakan dan pemecahan masalah ketenagakerjaan secara nasional.

"Kepada anggota yang baru, selamat datang, selamat bergabung di LKS Tripnas dan Depenas, kita bangun kebersamaan untuk Indonesia agar lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," kata Menaker Ida.

Baca juga: Menaker: Mediator berperan wujudkan hubungan industrial yang harmonis

Usai menyampaikan sambutan, Menaker Ida Fauziyah selaku Ketua LKS Tripnas periode 2023-2026 memimpin rapat pleno pertama, dengan agenda pembahasan yaitu penyusunan agenda kerja LKS Tripnas tahun 2023.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023