Kerja bakti akan dilakukan hingga tiga hari ke depan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat mengerahkan 200 personel gabungan membersihkan  puing-puing sisa  kebakaran di RW 05 dan 07 Kelurahan Duri Utara, Kecamatan Tambora, Selasa.

Personel gabungan itu terdiri atas petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Bina Marga,  Sumber Daya Air (SDA), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polisi, dan Pramuka.

Lurah Duri Utara, Ari Kurnia mengatakan personel gabungan itu bertugas membersihkan  puing-puing material sisa bangunan yang terbakar di dua wilayah RW tersebut sekaligus untuk melakukan normalisasi lingkungan.

"Semua dilakukan dalam rangka percepatan normalisasi lingkungan yang terbakar," katanya saat ditemui di lokasi kebakaran.

Adapun material-material yang dibersihkan seperti puing material, kayu, batu, peralatan rumah tangga, sampah dan lainnya, baik itu yang ada di gang-gang dan hunian warga yang terbakar yang selanjutnya di masukkan ke dalam truk pengangkut Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat dan kendaraan operasional kelurahan.

"Kegiatan bersih-bersih itu dilakukan hingga tiga hari ke depan. Dengan demikian pemilik rumah yang terbakar dapat segera memperbaiki rumahnya," ungkap dia.

Diketahui kebakaran yang terjadi di RT 08,09 dan 11, RW 05 dan RT 05 dan 07, RW 07 pada Sabtu (8/7) mengakibatkan 120 keluarga atau 480 jiwa kehilangan tempat tinggal. Para korban tersebut hingga kini ditampung di lokasi pengungsian di Komplek SDN Duri Utara 01-06.

Terpisah, Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengatakan untuk terus mengupayakan agar penyintas kebakaran bisa segera tertangani dengan baik.

"Yang penting ini adalah terkait dengan masalah jiwa. Jangan sampai ada korban terus bertambah. Karena berdasarkan laporan juga ada satu orang yang meninggal dan untuk yang lainnya alhamdulillah bisa kami tangani," ungkap dia saat ditemui di lokasi pada Senin (10/7).

Ia berharap seluruh korban bisa mendapatkan pelayanan yang baik terutama menyangkut pemenuhan kebutuhan dasar.

"Makan untuk sehari-hari, pakaian, dan lain-lain kami segera penuhi sebelum mungkin nanti melangkah untuk yang lain," ungkap Uus.
Baca juga: Arus pendek sebabkan tiga rumah hangus terbakar di Jakarta
Baca juga: Ahli sarankan lima langkah solusi kebakaran di Jakarta Barat
Baca juga: Jakarta Barat berencana bentuk satgas pemadam di tiap kelurahan

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023