Surabaya (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Jatim, membuka dua rute baru layanan angkutan pengumpan atau feeder WiraWiri Suroboyo guna melengkapi rute yang sebelumnya sudah ada.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Tundjung Iswandaru di Surabaya, Selasa, menjelaskan kedua rute baru tersebut yakni rute FD06 dari Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) menuju Lakarsantri dan FD07 dari Terminal Bratang menuju Stasiun Pasar Turi.

"Penambahan kedua rute ini telah melalui beberapa kajian dan pertimbangan. Salah satunya untuk mengkoneksikan intermodality feeder dengan moda transportasi kereta api pada rute Terminal Bratang - Stasiun Pasar Turi," ujarnya.

Selain itu, Tundjung memastikan, rute Terminal Bratang-Stasiun Pasar Turi, juga bersinggungan dengan Bus Trans Semanggi (BTS) Suroboyo.

"Artinya, dua rute feeder WiraWiri Suroboyo juga terkoneksi dengan BTS "Supaya connecting-nya juga ada. Demikian juga rute feeder WiraWiri Suroboyo dari TIJ - Lakarsantri," ucapnya.

Menurut dia, rute menuju Lakarsantri sengaja disiapkan agar nantinya moda transportasi ini bisa saling terkoneksi antara Kota Surabaya dengan Kabupaten Gresik.

"Gresik nanti menyusul kemudian tidak apa-apa. Yang penting kami sediakan terdekat dengan situ, masih di wilayah Surabaya, tapi tidak jauh dari perbatasan Gresik," katanya.

Tundjung menyebut, feeder WiraWiri rute Lakarsantri ini menggantikan Bus Trans Semanggi. Jika sebelumya, rute ini dilayani BTS hingga Pom Bensin Lidah Wetan, maka keberadaannya kini digantikan Feeder WiraWiri Suroboyo.

"Bus Trans Semanggi yang tadinya di SPBU (Lidah Wetan), dia geser ke arah Unesa. Jadi connecting-nya, harapannya waktu perjalanan lebih cepat. Karena tidak antre dari Pom Bensin Lidah Wetan," katanya.

Ia juga memastikan, headway atau waktu tunggu angkutan pada rute baru ini sama dengan sebelumnya, yakni kurang lebih sekitar 12 menit. "Totalnya ada 52 armada, semua sudah beroperasi," ujarnya.

Sebagai diketahui, angkutan feeder mulai launching dan beroperasi pada Kamis (3/3). Pada operasional awal, angkutan darat ini melayani lima rute perjalanan.

Kelima rute ini, terdiri dari Terminal Benowo - Tunjungan, Puspa Raya - HR Muhammad, SWK Penjaringan Sari - Gunung Anyar, PNR Mayjend Sungkono - Embong Wungu, dan Terminal Intermoda Joyoboyo - Terminal Bratang - Kedung Asem.

Baca juga: Angkutan pengumpan di Surabaya angkut ribuan penumpang per hari
Baca juga: Sebanyak 52 unit angkutan feeder resmi beroperasi di Surabaya

Baca juga: Damri resmi operasikan Trans Jatim rute Sidoarjo - Surabaya - Gresik
 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023