Total terdapat 110 unit angkutan antar jemput yang disediakan, baik itu dalam bentuk bus hingga jenis feeder. Selain itu juga ada transportasi berbahan bakar listrik
Surabaya (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Jawa Timur menyiagakan 400 personel untuk membantu mengamankan arus lalu lintas di sekitaran kawasan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) saat pertandingan sepak bola Piala Dunia U-17.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Tundjung Iswandaru di Surabaya Rabu mengatakan, pola pengamanan yang dilakukan berfokus di ring tiga atau titik paling luar GBT, tepatnya di Jalan Jawar bersama petugas kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat.

"Supaya jangan sampai ada motor yang ditinggal di situ atau ditinggalkan pemiliknya, kemudian pedagang kaki lima menggunakan mobil atau motor berdagang di situ," kata Tundjung.

Petugas gabungan yang ditempatkan di Jalan Jawar nantinya menggelar patroli rutin sekaligus melaksanakan sterilisasi kawasan.

kegiatan patroli kawasan ring tiga Stadion GBT dijadwalkan dimulai sejak pukul 09.00 WIB.

"Harus clear area, mulai pagi dilakukan penyisiran terus. Mungkin dilaksanakan jam 9 pagi," ujarnya.

Tundjung menjelaskan teknis pengamanan lalu lintas sudah disosialisasikan kepada para petugas Dishub Surabaya di Terminal Intermoda Joyoboyo, pada Selasa (7/11).

Langkah itu untuk memberikan detail teknis di lapangan agar mencegah kesalahpahaman saat bertugas.

Selain itu, Tundjung mengimbau masyarakat bisa lebih memanfaatkan ketersediaan shuttle atau kendaraan antar jemput saat hendak menyaksikan jalannya pertandingan Piala Dunia U-17 di Surabaya.

Total terdapat 110 unit angkutan antar jemput yang disediakan, baik itu dalam bentuk bus hingga jenis feeder. Selain itu juga ada transportasi berbahan bakar listrik.

Beberapa titik penjemputan telah ditempatkan di sejumlah lokasi, seperti Balai Kota Surabaya, Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), dan Terminal Benowo.

Imbauan menggunakan shuttle agar lebih memudahkan para penonton mengakses kawasan GBT.

"Kalau shuttle turunnya dekat selatan, Kalau dari feeder turun utara. Pintunya yang terbuka untuk penonton empat," katanya.

Piala Dunia U-17 Indonesia bakal dibuka pada 10 November 2023 di Stadion GBT, Surabaya.

Selanjutnya di stadion tersebut Timnas Indonesia U-17 bakal sepenuhnya memainkan laga di grup A dengan menghadapi tiga negara peserta, yakni Ekuador, Maroko, dan Panama.

Pewarta: Willi Irawan/ Ananto Pradana
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023