Jakarta (ANTARA) - Hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Rabu berpeluang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia menurut siaran peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Menurut peringatan dini cuaca yang disiarkan di situs web resmi BMKG, hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, dan Lampung.

Bagian wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga menghadapi potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyampaikan bahwa beberapa faktor dinamika atmosfer skala regional hingga lokal masih berperan dalam memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan.

Ia mengemukakan, aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) serta gelombang ekuator Kelvin dan Rossby di sekitar wilayah Indonesia yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan secara tidak langsung meningkatkan potensi terjadinya curah hujan tinggi.

"Terkait hal tersebut, BMKG mengimbau kepada warga masyarakat untuk tetap waspada dan menyiapkan upaya mitigasi terhadap potensi hujan lebat," katanya.

Baca juga:
Banjir berdampak pada ratusan keluarga di Kabupaten Malang
Jalan nasional perbatasan RI-Malaysia di Kapuas Hulu terendam banjir

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023