Shanghai adalah jendela pertukaran antara China dan Inggris
London (ANTARA) - Shanghai memberikan peluang perdagangan dan kolaborasi yang penting, kata perwakilan dari asosiasi bisnis dan perusahaan di Inggris Raya dalam acara yang diadakan di London pada Selasa (11/7/2023) untuk mempromosikan investasi di pusat ekonomi China.

"Acara semacam ini merupakan peluang besar bagi bisnis untuk menempatkan China, terutama Shanghai, kembali ke radar mereka ... sebagai tujuan perdagangan dan investasi," kata Andrew Seaton, kepala eksekutif di Dewan Bisnis China-Inggris (CBBC).

Perusahaan-perusahaan Inggris memiliki "rasa komitmen yang sangat kuat" ke pasar China, kehadiran dan investasi mereka di China, kata Seaton.

Pada acara tersebut, Invest Shanghai, platform pemerintah yang menawarkan layanan untuk memfasilitasi investasi asing di Shanghai, dan CBBC menandatangani nota kerja sama, sementara pemerintah Distrik Jiading Shanghai dan Johnson Matthey (Shanghai) Chemicals Ltd. menandatangani perjanjian rencana investasi.

Delegasi dari Shanghai juga memberikan presentasi untuk memamerkan perkembangan kota dan lingkungan bisnis.

"Shanghai adalah jendela pertukaran antara China dan Inggris, cara yang bagus bagi perusahaan-perusahaan Inggris untuk memasuki pasar China, dan juga jembatan bagi perusahaan-perusahaan China untuk menjelajah ke pasar Inggris," kata Xie Dong, wakil walikota Shanghai, dikutip dari Xinhua.

Menurut Xie, pada akhir tahun 2022, investasi kumulatif Inggris di Shanghai telah mencapai lebih dari 3,8 miliar dolar AS sementara perusahaan Shanghai telah menginvestasikan lebih dari 4,7 miliar dolar AS di Inggris.

"Dengan menggabungkan kekuatan, kita dapat menciptakan sinergi kuat yang membuka pintu ke berbagai kemungkinan yang tak terhitung jumlahnya," kata Neil Bridgen dari London & Partners, yang merupakan perusahaan promosi resmi Walikota London dan bertanggung jawab untuk mempromosikan London secara internasional.

Shanghai dan London dapat "mendorong inovasi, mempercepat pertumbuhan bisnis, dan mendorong pertukaran budaya" melalui kerja sama, tambahnya.

Acara tersebut merupakan bagian dari kampanye promosi luar negeri yang menampilkan investasi di Shanghai.

Baca juga: Penjualan NEV China melonjak 44,1 persen pada H1 2023
Baca juga: Wapres Han Zheng: China siap bekerja dengan semua negara
Baca juga: Pameran Investasi dan Perdagangan Lanzhou catat pertumbuhan transaksi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023