Realisasi dari investasi ini akan dilakukan secara bertahap mulai pertengahan tahun ini hingga akhir tahun 2023.
Jakarta (ANTARA) - PT Elnusa Tbk menggelontorkan investasi senilai Rp200 miliar untuk penambahan armada mobil tangki bahan bakar minyak (BBM) sebagai salah satu bisnis inti Elnusa pada jasa distribusi dan logistik energi.

Direktur Utama Elnusa John Hisar Simamora menjelaskan perseroan melakukan investasi tepat guna, yakni untuk pembelian aset pada salah satu core bisnis jasa distribusi dan logistik energi. Pada tahun 2023, perusahaan penyedia layanan jasa energi ini menganggarkan belanja modal sebesar Rp500 miliar secara konsolidasi.

"Sebagai bagian dari komitmen kami dalam memastikan distribusi energi yang efisien dan andal di seluruh Indonesia, Elnusa secara rutin setiap tahunnya melakukan investasi dengan menambah armada mobil tangki baru maupun mengganti aset mobil tangki yang sudah habis masa pakainya dalam kurun waktu 10 tahun. Armada tersebut kami yakini akan memperkuat kemampuan perusahaan dalam memenuhi permintaan yang terus meningkat pada jasa distribusi dan logistik energi di seluruh negeri,” kata John, di Jakarta, Rabu.

Penambahan armada mobil tangki ini akan dikelola oleh anak usaha Elnusa, yakni PT Elnusa Petrofin (EPN) dan akan dioperasikan di wilayah operasi Pertamina pada berbagai area, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

PT Elnusa Petrofin per semester I 2023 mengelola mengelola sekitar 1.800 unit mobil tangki dan memiliki 665 unit mobil tangki aset (BBM, LPG & Avtur).

Realisasi dari investasi ini akan dilakukan secara bertahap mulai pertengahan tahun ini hingga akhir tahun 2023.

Melalui investasi tersebut, Elnusa menargetkan untuk memperoleh kontrak jangka panjang pada pengelolaan transportasi bahan bakar minyak (BBM).

Selain itu, atas pembelanjaan modal ini, juga mencerminkan dedikasi Elnusa yang terus mendukung dan memperkuat infrastruktur energi dengan meningkatkan kemampuan logistiknya yang pada akhirnya memberikan kontribusi signifikan rantai pasokan energi serta mendukung agenda pembangunan negara dan mendorong kemajuan bisnis yang berkelanjutan.

"Ke depannya Elnusa akan terus adaptif, sehingga tidak menutup kemungkinan kami juga akan melakukan pengembangan investasi untuk angkutan non BBM,” kata John pula.

Elnusa merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina. Elnusa memiliki kompetensi inti pada jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi serta jasa penunjang.
Baca juga: Elnusa Petrofin tanam 1.000 pohon dukung program langit biru di Aceh
Baca juga: Elnusa tambah aset kapal AWB offshore untuk genjot bisnis hulu migas

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023