Beijing (ANTARA) - Wakil Perdana Menteri Pertama Belarus Nikolai Snopkov pada Selasa menjalin pertemuan kelima Komite Kerjasama Antarpemerintah China-Belarus dengan Wakil Perdana Menteri China Liu Guozhong.

Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Beijing itu, Liu, yang juga ketua bersama komite kerja sama antar-pemerintah China, mengatakan bahwa peningkatan hubungan bilateral menjadi kemitraan strategis komprehensif yang telah disepakati kedua kepala negara pada September silam, menyuntikkan momentum kuat untuk jalinan kerja sama bilateral tersebut.

Dia menekankan bahwa komite tersebut, sesuai dengan cetak biru yang dipaparkan oleh kedua kepala negara, harus memperdalam rasa saling percaya di bidang politik, meningkatkan dukungan timbal balik, secara aktif memperluas kerja sama pertanian, memperdalam kerja sama lokal serta bersama-sama mendorong pengembangan Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra.

Selain itu, komite juga harus meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, ilmu pengetahuan dan teknologi, keamanan, pendidikan, kebudayaan dan pariwisata, serta pemeriksaan bea cukai dan karantina.

Sementara itu Snopkov, yang juga menjabat sebagai ketua bersama komite tersebut dari pihak Belarus, menyatakan bahwa Belarus bersedia bekerja sama dengan China untuk memperdalam kerja sama pragmatis di berbagai bidang, mendorong hubungan bilateral ke level yang baru, dan mendukung pembangunan bersama kedua negara.

Setelah pertemuan itu, Liu dan Snopkov menyaksikan penandatanganan sejumlah dokumen kerja sama yang relevan. Selesai

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023