Kami sebagai kader Demokrat mengharapkan calon ketua umum untuk partai tentunya seorang kader juga, dari internal partai,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf mengatakan bahwa para kader partai itu berharap calon ketua umum yang diusung dalam kongres luar biasa (KLB) berasal dari internal partai.

"Kami sebagai kader Demokrat mengharapkan calon ketua umum untuk partai tentunya seorang kader juga, dari internal partai," kata Nurhayati saat ditemui di Gedung MPR/DPR di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, dalam menentukan ketua umum yang baru tetap harus berpegang pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), dimana ada ketentuan yang mengatur tentang persyaratan menjadi ketua umum partai.

"Ketentuan dalam AD/ART itu harus ditaati. Untuk menjadi calon ketua umum harus mendapat suara dari DPC karena DPC yang akan menentukan siapa yang berhak. Maka mengenal DPC itu sangat penting dan tidak bisa dilakukan dalam satu atau dua hari. Itu syarat mutlak," ujarnya.

Dia menambahkan, berdasarkan dua kongres Partai Demokrat sebelumnya, semua calon ketua umum yang diusung merupakan kader partai.

"Artinya, itu karena kader adalah orang yang memang dikenal oleh DPC (Dewan Pimpinan Cabang) dan DPD (Dewan Pimpinan Daerah)," kata Nurhayati.

Meskipun demikian, dia berharap calon ketua umum yang akan mengikuti pemilihan dalam KLB Demokrat mendatang bertambah banyak sehingga pilihan untuk mencari ketua umum tidak terbatas.

Dia juga mengutarakan bahwa partainya akan terus melakukan perbaikan setelah pelaksanaan KLB dalam rangka persiapan Pemilu 2014.

"Setelah kami segera mendapatkan ketua umum yang baru, kami akan terus menjalankan langkah-langkah penyelamatan partai. Untuk kemudia Partai Demokrat kembali maju untuk Pemilu 2014," ujarnya.

Pada kesempatan lain, Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana menegaskan bahwa orang yang berhak mencalonkan diri sebagai ketua umum adalah kader Partai Demokrat sehingga tidak ada peluang bagi calon yang berasal dari eksternal untuk maju.

"Pesertanya adalah anggota, dari luar tidak ada. Mana ada calon ketua umum partai dari luar partai? Ini namanya Partai Demokrat maka harus orang Demokrat yang menjadi ketua umum," kata Sutan.
(Y012/Z003)

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013