Hasil ini sangat berarti membuat kami meraih tiga poin sekaligus bekal untuk laga berikutnya melawan Arema Indonesia."
Bandung (ANTARA News) - Tim Maung Bandung Persib mengalahkan tim sekotanya Pelita Bandung Raya (PBR) 3-1 (2-0) pada laga "derby" Liga Super Indonesia (LSI) 2013 di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Rabu.

Gol kemenangan Persib dicetak melalui tandukan Herman Dzumafo menit ke-5 , tembakan Sergio van Dijk menit ke-27. dan gol Abanda Herman menit ke-70.

Gol balasan "Si Anak Hilang" Pelita BR dicetak oleh bek Mijo Dadic menit ke-62 setelah memanfaatkan tembakan sudut dari sisi kiri pertahanan Persib Bandung.

"Hasil ini sangat berarti membuat kami meraih tiga poin sekaligus bekal untuk laga berikutnya melawan Arema Indonesia. Masih ada beberapa sektor yang harus dibenahi, meski secara umum pemain telah menampilkan permainan sesuai skema yang diharapkan," kata Pelatih Persib Bandung, Jajang Nurjaman.

Dengan kemenangan itu, Persib membuktikan sebagai tim terkuat di Bandung. Persib sementara mengumpulkan nilai 15 dan berada di papan tengah. Sedangkan Pelita BR sementara di peringkat bawah dengan nilai sembilan.

Meski Persib bertanding sebagai tamu, namun tim asuhan Jajang Nurjaman itu seperti berlaga di kandang sendiri karena seluruh penonton adalah bobotoh tim Bandung itu. Sebaliknya, bagi Pelita BR pertandingan itu seperti laga di kandang lawan karena penonton mengeluk-elukan tim lawannya.

Pertandingan yang dipimpin wasit Maslah Ihsan disaksikan sekitar 15 ribu penonton berlangsung dalam tempo sedang. Tanda-tanda kemenangan Persib terlihat sejak awal pertandingan dengan mencetak gol cepat pada saat pertandingan baru berlangsung lima menit.

Tampil dengan formasi 4-3-3, Persib menempatkan tiga striker sekaligus untuk menciptakan gol cepat pada babak pertama yang terbukti efektif menghidupkan serangan tim Bandung itu.

Sementara itu Pelita Bandung Raya yang dilanda masalah internal menyusul pemecatan pelatih Simon Mc Menemmy tampil dengan formasi baru. Manajer Teknik Daniel Darko Janakovich yang menggantikan posisi Simon menutunkan formasi beda dari biasanya.

Darko mengistirahatkan kiper Temma Mursadat yang tidak masuk di tim inti. Posisinya digantikan kiper Edy Kurnia. Pelaih asal Serbia itu menempatkan lima tenaga muda di lini tengah untuk menyuplai bola bagi striker Gaston Castano dan Eka Ramdani yang menempati `second striker`.

Pada babak kedua, Pelita BR cukup merepotkan Persib bahkan mampu memperkecil kekalahan melalui gol Mijo Dadic yang melakukan overlap ke kotak pertahanan Maung Bandung.

Pada pertandingan itu, wasit Maslah Ihsan mengeluarkan kartu kuning kepada Nasser Al Sebay yang melakukan pelanggaran terhadap Resky Pellu.

Pelatih Pelita BR, Darko Janakovich menyebutkan gol yang terjadi akibat kesalahan dan kelengahan lini belakang tim kami akibat hilang konsentrasi saat melakukan conter atas serangan penyerang Persib.

"Beberapa gol terjadi akibat kesalahan pemain belakang, persiapan kami sangat singkat setelah saya ambil alih pelatih Pelita. Namun derby lawan Persib berlangsung cukup bagus dan kondusif dan menjadi contoh partai derby lainnya," kata Darko Janakovich.

Ia mengaku telah melakukan perubahan di beberapa sisi, namun belum cukup untuk mengatasi Persib yang merupakan salah satu tim kuat di LSI 2013.

Sementara itu pelatih Persib, Jajang Nurjaman menyebutkan hasil tersebut sangat positif untuk menghadapi laga berikutnya melawan Arema Indonesia pada Minggu (17/3).

"Kemenangan ini keuntungan bagi Persib, point ini sangat berarti sekaligus bekal untuk menghadapi laga berikutnya lawan Arema Indonesia," kata Jajang Nurjaman menambahkan.

Susunan pemain:
-Pelita Bandung Raya : Edy Kurnia (kiper), Syaifudin, Munadi, Mijo Dadic, Nova Aryanto, Asep Ato/ Rendy Saputra, Arsyad/ Imam Faturahman, Rizky Pellu, Dolly Gultom, Eka Ramdani, Gaston Castano.

-Persib: I Made Wirawan (kiper), Supardi, Herman Abanda, Naser Al Sebai, Tony Sucipto, M Ridwan/Asri Akbar, Hariono, Atep, Kenji Adachihara, Sergio van Dijk, Herman Dzumafo/ Mbida Messi.

(S033/Y003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013