Shanghai (ANTARA/PRNewswire) -- Shanghai Electric (SEHK:2727, SSE:601727) ("Perusahaan") membahas peluang kerja sama jangka panjang bersama Siemens untuk meningkatkan inovasi teknologi di sektor layanan kesehatan dan energi. Pembahasan ini berlangsung ketika sejumlah eksekutif puncak Siemens Healthineers dan Siemens Energy berkunjung baru-baru ini. Dua grup usaha yang bergerak di sektor energi dan layanan kesehatan tersebut siap menjajaki kolaborasi yang lebih luas demi mendukung China yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Kolaborasi ini juga mengandalkan hubungan bilateral China dan Jerman yang kian erat, serta kerja sama yang semakin gencar dalam aksi iklim. Tujuannya, mendorong inisiatif keberlanjutan dan inovasi di berbagai sektor.

Pada 5 Juli lalu, Elisabeth Staudinger, Managing Board Member, Siemens Healthineers, berkunjung ke kantor pusat Shanghai Electric. Kunjungan ini diterima oleh Leng Weiqing, Chairlady of the Board, Shanghai Electric. Setelah Staudinger, Karim Amin, Executive Vice President, Siemens Energy, turut berkunjung di hari yang sama. Dalam pertemuan tersebut, Shanghai Electric berdiskusi dengan delegasi Siemens, mitra jangka panjang di sektor energi baru dan alat medis premium, dan membahas hasil kolaborasi kedua pihak dalam meningkatkan inovasi di sektor layanan kesehatan di China. Kedua pihak juga mengulas peluang memperluas sinergi ini untuk mengembangkan solusi yang lebih ramah lingkungan pada segmen penyimpanan energi dan sumber energi baru.

"Lewat kolaborasi antara Shanghai Electric dan Siemens, kami mengandalkan keahlian dan kapabilitas di beragam industri, pasar, dan teknologi. Tujuannya, meningkatkan litbang dan inovasi produk setelah kedua perusahaan ini berhasil membuat berbagai pencapaian yang luar biasa selama beberapa dekade terakhir. Kami ingin mempererat kemitraan dengan Siemens guna mendorong inovasi alat-alat medis di dalam negeri, meningkatkan fasilitas kesehatan publik di China pada tingkat akar rumput, serta membantu China membangun sistem energi yang aman, rendah karbon, dan efisien. Dengan demikian, warga China memperoleh manfaat dari kerja sama bermutu tinggi di sektor layanan kesehatan dan solusi energi berkelanjutan," ujar Leng Weiqing.

Mencatat pesatnya permintaan atas layanan kesehatan di China, Elisabeth Staudinger menyadari peran penting Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) Ke-14 China, terutama sebagai strategi untuk meningkatkan aktivitas produksi alat medis dan inovasi teknologi di dalam negeri. Menurutnya, Repelita Ke-14 ini akan menghadirkan berbagai peluang kerja sama bagi kedua perusahaan. "Siemens Healthineers ingin bekerja sama dengan Shanghai Electric guna mempercepat perkembangan sektor medis di China, meningkatkan standar kesehatan dan higiene di China, sekaligus berkontribusi merealisasikan visi "China yang Sehat pada 2030'", jelasnya.

Karim Amin mengemukakan pencapaian luar biasa dari kolaborasi antara Shanghai Electric dan Siemens, serta membagikan perspektifnya tentang pengembangan bisnis Siemens Energy. "Siemens Energy ingin memperluas kerja sama strategis dengan Shanghai Electric guna mendukung langkah China mencapai transformasi energi. Maka, kami akan meningkatkan investasi litbang, aktif mengeksplorasi aplikasi teknologi baru, serta menawarkan produk dan layanan dengan mutu yang lebih baik. Selain memberikan dukungan teknis yang membantu China mempercepat pencapaian target 'dual carbon', kami juga ingin berkolaborasi dengan Shanghai Electric dan membuat berbagai terobosan di sektor energi baru," kata Amin.

Kunjungan ini berlangsung setelah pejabat tinggi Tiongkok mengadakan konsultasi tatap muka yang pertama dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz sejak pandemi Covid-19 merebak pada Juni. Dalam pertemuan ini, kedua pejabat tinggi tersebut menyatakan niatnya untuk memperkuat kerja sama dalam pembangunan rendah karbon dan mempercepat transisi kedua negara menuju perekonomian yang lebih ramah iklim. Di tengah kerja sama Beijing dan Berlin dalam sejumlah isu, seperti dekarbonisasi proses industri, meningkatkan kebijakan untuk beralih menuju mobilitas yang ramah iklim, dan membangun ekonomi sirkular, berbagai peluang baru akan hadir bagi kedua perusahaan. Dengan demikian, Shanghai Electric dan Siemens dapat melanjutkan kemitraan yang telah terjalin selama 20 tahun untuk meningkatkan inovasi dalam teknologi terbarukan dan layanan kesehatan.

Sejak akuisisi Westinghouse Electric lebih dari dua dekade lalu, Siemens telah menjadi mitra penting bagi Shanghai Electric di sektor energi. Kedua perusahaan pun bekerja sama mengembangkan solusi kelistrikan yang bersih dan efisien lewat sebuah usaha patungan, Shanghai Electric Power Generation Equipment. Menguasai 40% pangsa pasar, usaha patungan ini membukukan pendapatan di atas RMB 150 miliar pada segmen peralatan pembangkit listrik tenaga batu bara. Produk-produknya juga memecahkan rekor dari sisi kinerja, kapasitas, dan emisi rendah karbon.

Tahun 2022 menjadi momen kemitraan yang baru antara Shanghai Electric dan Siemens Healthineers. Lewat kemitraan ini, kedua perusahaan mempromosikan inovasi domestik pada segmen alat medis di China, serta memperluas akses sarana medis bermutu bagi institusi layanan kesehatan di seluruh China. Kedua perusahaan juga berkolaborasi di berbagai bidang, meliputi sistem bisnis, pengembangan produk, serta layanan purnajual, sehingga memfasilitasi pertumbuhan Shanghai Electric di sektor medis yang berkembang pesat di China.

Tentang Shanghai Electric

Shanghai Electric Group Company Limited (SEHK: 02727, SSE: 601727) adalah perusahaan terkemuka di dunia yang memasok solusi smart system bertaraf industri dan ramah lingkungan. Shanghai Electric menjangkau seluruh dunia, dan bergerak dalam segmen smart energy, intelligent manufacturing, serta integrasi digital intelligence. Shanghai Electric mengutamakan pembangunan rendah karbon dan transformasi digital dengan merambah bidang baru, serta meningkatkan motor pertumbuhan baru. Shanghai Electric berupaya menjadi pemimpin industri yang mewujudkan emisi karbondioksida puncak sebelum 2030, serta mencapai netralitas karbon sebelum 2060. Shanghai Electric juga menyediakan alat-alat produksi energi baru dan melokalisasi produksi peralatan premium. Dengan demikian, Shanghai Electric menciptakan peluang tanpa batas dalam ekosistem industri yang inovatif bersama mitra global.

Informasi lebih lanjut tersedia di https://www.shanghai-electric.com/group_en/

Source : Shanghai Electric

Press Contact

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023