Jayapura (ANTARA) -
Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia- Papua Nugini (RI-PNG) dari Yonif 511/Dibyatara Yodha(DY) memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat Papua Selatan yang berbatasan dengan negara tetangga tersebut.

"Pelayanan kesehatan secara cuma-cuma diberikan kepada masyarakat  Kampung Kondo, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, yang berbatasan dengan Papua Nugini," kata Dansatgas Yonif 511/DY Letkol Inf Rully Noriza di Jayapura, Rabu.

Pelayanan kesehatan ini, kata Rolly merupakan program kesehatan dari Satgas Pamtas RI-PNG, dan pelaksanaannya baru dilakukan saat ini. 

"Selasa (11/7) kemarin,  kami melakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga di Kampung Kondo," katanya. 

Menurut Rully, kegiatan ini juga sebagai ajang untuk mempererat hubungan tali silaturahim Satgas Pamtas dengan masyarakat perbatasan, karena itu pelayanan dilakukan dari rumah ke rumah.

"Dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan melalui rumah ke rumah bertujuan agar masyarakat di kampung bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara langsung sehingga  imun mereka tetap terjaga dan terhindar dari penyakit di tengah cuaca lagi tidak menentu," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga memberikan obat dan juga vitamin secara gratis kepada warga sehingga jika ada penyakit yang lebih serius  tertangani secara langsung.

“Kami berharap pada musim pancaroba serta dengan adanya pelayanan kesehatan masyarakat di Kampung Kondo bisa hidup sehat. Karena kesehatan masyarakat mempunyai peran penting dalam peningkatan sumber daya manusia," katanya lagi.

Salah satu warga Kampung Kondo Alesius Gebze Mayua mengatakan bersyukur dan apresiasi atas program dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY yang telah memberikan pelayanan kesehatan serta pemberian vitamin dan obat secara gratis kepada masyarakat.

"Kami disini merasa sangat terbantu dengan kehadiran Satgas Yonif 511/DY, yang datang dengan tulus ikhlas peduli dengan kesehatan kami semua kampung ini,” katanya.

Batalyon Infanteri 511/Dibyatara Yodha atau Yonif 511/Badak Hitam merupakan Batalyon Infanteri yang berada di bawah komando Korem 081/Dhirotsaha Jaya sebelumnya yonif ini berada di jajaran Brigif 16/Wira YudhaKodam V Brawijaya.
 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023