Prabowo punya kontribusi yang signifikan juga terhadap karier politik Jokowi
Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki peran terhadap kesuksesan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Bagi Igor, Prabowo turut memberikan sumbangsih terhadap tingginya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi.

“Prabowo punya kontribusi yang signifikan juga terhadap karier politik Jokowi,” kata Igor dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Igor menjelaskan Prabowo Subianto bertekad jika terpilih sebagai Presiden Indonesia berikutnya, ia ingin menjadi pemimpin negara yang bisa merangkul semua kalangan.

“Prabowo itu sering sekali mengatakan dia akan merangkul semua,” katanya..

Dalam survei teranyar yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023 dengan total responden mencapai 1.242 orang, Prabowo Subianto berhasil mendapatkan dukungan suara sebesar 35,8 persen.

Baca juga: Praktisi nilai Prabowo Subianto capres paling sabar dan humoris
Baca juga: Pengamat nilai Erick penuhi kriteria cawapres Prabowo


Kemudian, terdapat bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo yang mengumpulkan dukungan sebanyak 32,2 persen dan bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan yang mendapatkan total elektabilitas 21,4 persen.

Sesuai dengan jadwal KPU RI, pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden mulai19 Oktober hingga 25 November 2023.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) mengatur pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi dari DPR RI. Pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 yang total perolehan suara sahnya minimal 34.992.703 suara.

Baca juga: SPIN sebut Prabowo Subianto pemimpin yang melayani dan otentik
Baca juga: Survei SPIN: Tingkat kepuasan terhadap pemerintahan Jokowi menguat

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023