Jakarta (ANTARA) - PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) melalui lini merek Mobil Lubricants bersama dengan Majalah Tambang, kembali menyelenggarakan seminar bagi para pelaku industri tambang di wilayah Kalimantan Selatan.

Kegiatan seminar kali ini, PT EMLI mengangkat tema Pemanfaatan Biodiesel dan Keberlanjutan Bisnis Pertambangan. Tema ini diambil dikarenakan pengembangan biodiesel saat ini telah memberikan kontribusi yang cukup berarti terhadap konsumsi energi nasional, yang dimungkinkan dapat memberikan kontribusi juga pada penurunan gas rumah kaca di sektor energi pada tahun 2030 nanti.

President Director PT EMLI, Syah Reza mengatakan bahwa PT EMLI menyampaikan komitmen Mobil Lubricants untuk memberikan kontribusi pengalaman dalam bidang pelumasan, di mana telah lebih dari 100 tahun Mobil Lubricants bekerja sama dengan berbagai pabrikan di berbagai sektor, baik pertambangan, otomotif, manufaktur dan sektor lainnya untuk mengembangkan pelumas dengan kinerja yang tinggi.

Baca juga: ExxonMobil Lubricants gelar seminar bersama PERTAABI

"Di samping itu, dengan dukungan tenaga teknis yang terlatih serta berpengalaman, kami juga berkomitmen untuk memberikan solusi pelumasan yang terbaik dan tepat kepada para pengguna pelumas kami, termasuk dalam menghadapi tantangan dalam penggunaan bahan bakar biodiesel di industri pertambangan," kata Syah Reza dalam keterangan resminya, Kamis.

Kegiatan seminar kali ini, banyak diisi oleh para narasumber yang ahli dan berkompeten dalam memberikan pemaparan dan edukasi dalam memperkuat kolaborasi untuk mendukung mandatori penggunaan biodiesel di sektor pertambangan.

"Tentunya apa yang kami lakukan pada kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap para pelaku industri tambang yang ada di wilayah Kalimantan Selatan," kata dia.

Baca juga: SKK Migas-ExxonMobil kerja sama eksplorasi area terbuka Indonesia

B2B Commercial Sales General Manager PT EMLI, Lukman Hakim menjelaskan bahwa seminar mengenai tambang ini direncanakan akan berlangsung di kota-kota besar lainnya.

"Kegiatan yang diadakan PT EMLI dengan Majalah Tambang ini sangat bagus dalam mempertemukan para pelaku industri pertambangan dengan para pemangku kepentingan dan kebijakan, untuk duduk bersama melakukan diskusi-diskusi menarik dalam berbagi informasi yang bertujuan untuk membangun industri pertambangan yang lebih baik lagi dalam memanfaatkan energi biodiesel saat ini di Indonesia," Lukman Hakim menjelaskan.

Baca juga: PT EMLI resmikan RDC terbarunya di Makassar

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023