... dimanfaatkan pengusaha Indonesia mengekspor langsung produk-produknya ke Afrika Selatan.... "
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, mengatakan Afrika Selatan menawarkan peluang kerja sama untuk meningkatkan perekonomian untuk sektor dagang dan investasi.

"Afrika Selatan menawarkan peluang antara lain penyiapan sarana gudang logistik yang berlokasi di Pelabuhan Richards Bay," kata dia, di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan hal tersebut setelah dia bertemu dengan delegasi misi ekonomi Afrika Selatan yang terdiri dari unsur pemerintah Eastern Cape Province dan kalangan dunia usaha yang tergabung dalam National African Federated Chamber of Commerce (NAFCOC).

Peluang tersebut, menurut dia, bisa dimanfaatkan pengusaha Indonesia mengekspor langsung produk-produknya ke Afrika Selatan.

Selain itu, kata dia, pihak Afrika Selatan juga menawarkan investasi di bidang perkebunan kapas yang diharapkan bisa meningkatkan nilai tambah produk tekstil Indonesia. Produk itu kemudian bisa diekspor kembali ke Afrika Selatan dan lainnya.

"Selain itu, pembangunan Toko Indonesia di Johannesburg dan Praetoria juga bisa menjadi sarana promosi produk UKM di Afrika Selatan," katanya.

Dia mengatakan, kunjungan tersebut merupakan salah satu bukti peningkatan hubungan perdagangan antara Afrika Selatan dan Indonesia, merupakan hasil kerja keras Indonesia untuk membuka kanal dengan negara tersebut.

Perkembangan pasar di Afrika Selatan yang sangat pesat, pada 2007 pasar Afrika hanya mencapai 2,6 miliar Amerika Selatan dan pada 2012 sudah sampai 4,8 miliar Amerika Selatan.

Pewarta: Vicky Febrianto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013