banyak topik menarik yang akan dibahas bersama, di antaranya pengembangan talent untuk berinovasi di bidang navigasi penerbangan dan juga pemanfaatan teknologi digital untuk layanan navigasi udara
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia mengatakan penyelenggaraan Konferensi Civil Air Navigation Services Organization (CANSO) Asia Pacific 2023 membahas manajemen lalu lintas penerbangan.

AirNav Indonesia menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan CANSO Asia Pacific Conference 2023 yang berlangsung di Bali pada 10 hingga 13 Juli 2023, kata 
Direktur Utama AirNav Indonesia Polana B. Pramesti dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat, tidak hanya untuk AirNav Indonesia saja, tetapi juga untuk kemajuan dunia penerbangan di ruang udara Indonesia, khususnya dalam pelayanan navigasi penerbangan.

"Karena dalam konferensi ini banyak topik menarik yang akan dibahas bersama, di antaranya pengembangan talent untuk berinovasi di bidang navigasi penerbangan dan juga pemanfaatan teknologi digital untuk layanan navigasi udara," ujar Polana.

CANSO merupakan organisasi Air Navigation Services Provider (ANSP) yang mempunyai anggota aktif di lebih dari 80 negara, di mana AirNav Indonesia merupakan salah satu anggota aktif CANSO sejak awal berdiri pada 2012.

Setiap tahunnya, CANSO mengadakan pertemuan tingkat dunia dan juga tingkat regional, di mana para pemimpin manajemen lalu lintas udara (air traffic management) dari seluruh dunia akan berkumpul untuk berdiskusi, berkolaborasi serta berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai berbagai kemajuan dan tantangan terkait operasional, safety management serta inovasi teknologi dalam bidang pelayanan navigasi penerbangan,

Kegiatan yang berlangsung empat hari tersebut, mencakup sesi panel dengan pembicara dari ahli dan para pemimpin di bidang air traffic management dengan berbagai topik seperti "Mengikuti Tren Digitalisasi untuk Kemajuan Bersama", "Membina Budaya dan Pengembangan Bakat SDM di Bidang Air Traffic Management untuk Inovasi" serta "Menjadi Arsitek di Bidang Air Traffic Management untuk Kemajuan Bersama".

Lebih lanjut, Polana mengatakan bahwa menjadi tuan rumah untuk kegiatan CANSO Asia Pacific Conference bukan kali pertama bagi AirNav Indonesia. Sebelumnya, pada 2016, AirNav Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah untuk kegiatan serupa di Bali.

"Merupakan suatu kehormatan bagi AirNav Indonesia untuk dapat kembali menyelenggarakan kegiatan berskala internasional seperti CANSO Asia Pacific Conference. Selain dapat membawa citra positif bagi perusahaan, AirNav Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung sektor pariwisata Tanah Air," tuturnya.

Melalui konferensi tingkat internasional yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negara, AirNav Indonesia berkesempatan memperkenalkan keindahan alam dan budaya Bali kepada dunia.

"Saya berharap, seluruh rangkaian kegiatan CANSO Asia Pacific Conference dapat berlangsung lancar dan sukses serta seluruh delegasi yang hadir dapat memiliki pengalaman yang menyenangkan dan pulang dengan membawa banyak memori indah tentang Bali," ucap Polana.

Sementara itu, Direktur Regional CANSO Asia Pacific Poh Theen Soh juga mengungkapkan bahwa konferensi tersebut menawarkan kesempatan yang sangat baik bagi seluruh pesertanya untuk mendorong kolaborasi, pertukaran gagasan, dan mencari solusi bersama dalam menghadapi tantangan yang terjadi.

"Tidak hanya di kawasan Asia Pasifik, tetapi juga di industri pelayanan navigasi penerbangan dunia," kata dia.


Baca juga: AirNav Indonesia dan TNI AU kerja sama pelayanan navigasi penerbangan
Baca juga: Boeing-AirNav bermitra jajaki peningkatan manajemen lalu lintas udara
Baca juga: Airnav Semarang minta masyarakat taati larangan terbangkan balon udara

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023