mulai masuk kendaraan sampah sampai TPA Cipayung butuh waktu kurang lebih sekitar 10 jam
Depok (ANTARA) - Kapolres Metro Depok Kombes Pol Ahmad Fuady meninjau langsung kondisi TPA Cipayung yang sudah kelebihan kapasitas (overload) sehingga menyebabkan pengangkutan sampah warga menjadi terhambat.

"Kita lihat beberapa waktu lalu ada viral tentang penanganan sampah, kita langsung lihat kondisinya di TPA Cipayung ini. Memang kondisinya sudah sangat overload sehingga untuk menangani permasalahan sampah yang ada di Kota Depok ini memang perlu waktu," kata Kapolres usai melakukan aksi bersih-bersih di TPA Cipayung, Kamis.

Ahmad Fuady menambahkan kondisi TPA Cipayung yang overload ini berdampak pada antrean kendaraan pembuang sampah sehingga ada keterlambatan pengangkutan sampah di wilayah Depok.

Setelah memantau kondisi TPA Cipayung sambung Ahmad Fuady mulai masuk ke area TPA Cipayung membutuhkan waktu sekitar lebih dari delapan jam.

"Kita lihat antrean kendaraan untuk membuang dan sampah itu dikelola dengan baik, itu butuh waktu, karena dari mulai masuk kendaraan sampah sampai TPA Cipayung butuh waktu kurang lebih sekitar 10 jam atau lebih dari 8 jam dan ini perlu menjadi penanganan dari kita," kata Ahmad Fuady.

Baca juga: Legislator Jabar optimistis Pemkot Depok bisa buang sampah ke Nambo
Baca juga: FISIP UI kolaborasi riset kampanyekan kurangi sampah plastik


Ahmad Fuady menambahkan para sopir pengangkut sampah ada yang menginap karena jam operasional mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

"Jam operasional sampai jam 5 sore, dan pagi dibuka jam 7 Kalau sudah masuk lewat jam 3, 4, dan 5 mereka menginap karena datangnya sore," ungkap Ahmad Fuady.

Ahmad Fuady mengatakan untuk mendukung pemerintah kota, Polres Metro Depok berserta jajaran melaksanakan kegiatan bersih-bersih di beberapa titik di Kota Depok yaitu area TPA Cipayung, Pasar Cisalak, dan Jalan Margonda.

"Mudah-mudahan ke depan akan terus kita laksanakan dalam rangka mewujudkan Kota Depok yang bersih, terbebas dari sampah," ungkapnya.

Baca juga: BEM UI soroti tata kelola sampah di Kota Depok
Baca juga: SKSG UI dan Pemkot Depok bentuk kelompok pemerhati masalah sampah
Baca juga: Pemkot Depok targetkan terbentuk 925 bank sampah


Sementara itu Kepala DLHK Depok Abdul Rahman menambahkan kondisi TPA Cipayung sudah mengalami kelebihan kapasitas sampah sehingga dampaknya mengalami keterlambatan pengangkutan sampah.

"Kapolres mengunjungi TPA Cipayung untuk mengetahui akar masalah yang terjadi adanya kelambatan pengangkut sampah dapat melihat langsung (kondisi TPA Cipayung) dan upaya-upaya kita yang dilakukan tentu sistematis dan bertahap," ungkap Abdul Rahman.

Pria yang akrab disapa Abra berharap masyarakat Kota Depok minimal melakukan pemilahan sampah di lingkungan masing-masing.

Kota Depok kini sudah memiliki unit pengolahan sampah yang tersebar untuk mengolah sampah organik.

"Persoalan sampah di Depok membutuhkan banyak tangan. Semua peran warga Depok. Kami apresiasi lagi ke Polres Metro Depok yang melihat dan memahami menyangkut permasalahan sosial," ungkapnya.

​​​​​​Baca juga: Pemkot Bogor desak Tepat Penampungan Sampah Nambo segera beroperasi
Baca juga: Legislator Jabar dorong pengoperasian TPPAS Lulut Nambo

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023