Kolaborasi dan sinergi bersama BI selama ini terjalin dengan baik sehingga mampu mendukung akselerasi ekonomi daerah
Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama Bank Indonesia (BI) terus meningkatkan kolaborasi dan sinergi untuk mengakselerasi pembangunan serta perekonomian daerah.

"Kolaborasi dan sinergi bersama BI selama ini terjalin dengan baik sehingga mampu mendukung akselerasi ekonomi daerah," tegas Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo di Palangka Raya, Kamis.

Hal itu dia sampaikan di sela pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah sekaligus Peresmian Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Palangka Raya.

Edy mengatakan berbagai kolaborasi yang telah terjalin selama ini akan terus ditingkatkan, yakni dalam penyusunan program, kajian dan rekomendasi kebijakan ekonomi, maupun pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Termasuk dalam hal kemandirian pangan, hingga dukungan elektronifikasi transaksi pembayaran pemerintah daerah melalui Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah," tuturnya.

Dia menyampaikan guna memacu pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah, saat ini pemprov berfokus pada pengembangan potensi sumber daya alam serta mendukung pariwisata daerah, hingga akselerasi investasi daerah.

Kemudian melaksanakan pengembangan Program Strategis Nasional (PSN) yang akan berdampak pada ekonomi daerah, di antaranya, pengembangan lokasi pariwisata Taman Nasional Sebangau, food estate, pembangunan shrimp estate, kawasan industri dan pembangunan pelabuhan utama.

"Oleh karenanya diperlukan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya tentu saja Kantor Perwakilan Bank Indonesia," ucap Edy Pratowo.

Pihaknya pun menilai, selama ini Bank Indonesia melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) berhasil mengoptimalkan perannya dalam menekan inflasi daerah.

Lebih lanjut wagub mengatakan, mewakili pemprov dirinya mengapresiasi Yura Djalins atas pengabdian dan kerja sama yang baik selama menjabat Kepala Perwakilan BI Kalteng, sekaligus selamat kepada Taufik Saleh yang dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan BI Kalteng.

“Mari satukan langkah dan bersama-sama memajukan pembangunan serta perekonomian daerah, utamanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah," ajaknya.

Baca juga: BI Kalteng sediakan layanan kas keliling susur sungai gunakan perahu
Baca juga: Ekspedisi Rupiah Susur Sungai jadi sarana edukasi masyarakat Kalteng
Baca juga: BI terus cari cara agar kebijakannya mudah dipahami publik

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023