Beijing (ANTARA) - Otoritas meteorologi China pada Rabu (12/7) memperbarui peringatan biru untuk cuaca konvektif parah di sebagian besar wilayah negara itu.

Dari Rabu pukul 20.00 hingga Kamis (13/7), badai petir, angin kencang, dan hujan es akan melanda sejumlah bagian Mongolia Dalam, Shandong, Henan, Anhui, Jiangsu, Sichuan, dan Yunnan, kata Pusat Meteorologi Nasional China.

Hujan lebat yang singkat dengan curah hujan per jam mulai dari 30 milimeter hingga 60 milimeter akan melanda beberapa bagian Mongolia Dalam, Qinghai, Gansu, Shaanxi, Sichuan, Shandong, Henan, Anhui, Jiangsu, Hubei, dan Yunnan, ungkap pusat meteorologi tersebut.

Pusat Meteorologi Nasional China merekomendasikan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Kapal-kapal yang beroperasi atau transit di perairan yang terdampak harus kembali ke pelabuhan atau mengambil rute memutar, menurut pusat tersebut.

China memiliki sistem peringatan cuaca konvektif parah tiga tingkat berkode warna, dengan oranye mewakili peringatan paling parah, diikuti oleh warna kuning dan biru. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023