IDX Mobile bertujuan untuk memenuhi kebutuhan publik sekaligus memberikan kemudahan bagi investor dalam mengakses dan memanfaatkan informasi serta data pasar modal
Jakarta (ANTARA) - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan IDX Mobile, aplikasi yang bisa didownload di lewat Play Store ataupun App Store yang menyediakan informasi pasar modal Indonesia yang real-time, akurat, dan dapat diandalkan.

Direktur Utama BEI Iman Rachman mengatakan aplikasi ini diluncurkan untuk meningkatkan inklusi dan literasi pasar modal di Indonesia.

"Kami harap IDX Mobile tidak hanya berkontribusi dalam meningkatkan inklusi dan literasi pasar modal Indonesia, tetapi juga memperluas pemanfaatan informasi pasar modal untuk seluruh masyarakat, baik domestik maupun mancanegara," kata Direktur Utama BEI Iman Rachman dalam peluncuran IDX Mobile di Main Hall BEI, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan sebanyak 57 persen investor di pasar saham Indonesia merupakan generasi Z dan generasi milenial yang sangat bergantung pada teknologi sehingga IDX Mobile diharapkan dapat bermanfaat bagi mereka.

DX Mobile menyediakan data terkait pasar saham real-time, antara lain grafik harga saham, berita perusahaan tercatat, laporan keuangan, dan harga komoditas.

IDX Mobile memiliki beragam fitur, seperti Capital Market Info yang merupakan informasi real-time pergerakan saham di pasar modal dan fitur Stock Heatmap menggambarkan visualisasi kinerja saham untuk memudahkan analisis.

Selain itu, IDX mobile juga memiliki fitur Virtual Trading yang menyediakan simulasi kegiatan transaksi jual-beli saham sehingga masyarakat bisa mendapatkan pengalaman praktis transaksi secara real-time tanpa mendapatkan risiko finansial.

"IDX Mobile bertujuan untuk memenuhi kebutuhan publik sekaligus memberikan kemudahan bagi investor dalam mengakses dan memanfaatkan informasi serta data pasar modal," katanya.

Ia mengatakan sejak dilakukan soft launching pada 12 Juni 2023 lalu IDX Mobile telah didownload sebanyak 31.157 kali.

Baca juga: Dirut BEI sebut pelemahan IHSG lebih disebabkan sentimen global
Baca juga: BEI: Pertumbuhan perusahaan publik baru Indonesia tertinggi di dunia

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023