Jakarta (ANTARA) - Sebanyak tiga ganda putri timnas bulu tangkis Indonesia kompak melaju ke babak 16 besar Kejuaraan Badminton Junior Asia (BAJC) 2023 yang berlangsung di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Kamis.

Pasangan pertama yang lolos ialah Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani yang menyingkirkan wakil Singapura Zheng Hong Li/Zheng Yan Li dengan skor 21-4, 21-17.

"Kami berupaya untuk bermain lebih lepas lagi pada laga ini. Adaptasi kami kurang baik di gim kedua sehingga banyak melakukan kesalahan sendiri," ungkap Zahra melalui keterangan resmi PP PBSI di Jakarta.

Dalam pertandingan tersebut, pasangan yang akrab disapa Naya/Ara itu berupaya untuk beradatapsi kembali dengan arena pertandingan.

Setelah sebelumnya turun pada nomor beregu, Naya/Ara merasa bahwa ada beberapa perubahan yang dirasakan. Salah satunya ialah kondisi angin di dalam arena.

Dengan hasil tersebut, Naya/Ara akan menghadapi antara Maya Taguchi/Aya Tamaki (Jepang) dan Kim Do Yeon/Kwak Seung Min (Korea Selatan).

Menghadapi laga berikutnya, Naya/Ara mengaku ingin mempersiapkan diri lebih baik lagi dan mengurangi kesalahan yang tidak perlu.

"Kami mencoba untuk mengurangi kesalahan sendiri. Sebisa mungkin saya mencoba untuk beradaptasi dengan cepat di lapangan," ungkap Naya.

Baca juga: Mutiara kurang puas meski menang dua gim langsung pada 32 besar

Selain Naya/Ara, dua ganda putri Indonesia lainnya yang menorehkan hasil positif adalah Ariella Naqiyyah/Rachel Agnesia Sabatini dan Nabila Cahya Permata Ayu/Reva Olivia Damayani.

Ariella/Rachel melewati rintangan babak pertama usai mengatasi perlawanan unggulan kelima asal Thailand, Hathaithip Mijad/Huzwaney Momin, yang berakhir dengan skor 21-10, 21-17.

"Senang rasanya bisa bermain dan menang di laga hari ini. Saya menilai lawan di gim pertama belum panas sehingga mereka tertinggal jauh," ungkap Ariella.

"Kami bermain nothing to lose di laga ini dengan mencoba tidak banyak melakukan kesalahan sendiri yang menguntungkan lawan," timpal Rachel.

Pasangan Nabila/Reva lolos juga mengantongi kemenangan setelah mengalahkan wakil Thailand. Duo Indonesia menang atas Prinda Pattanawaritthipan/Nonthaporn Phanich dengan skor 21-11, 13-21, 21-14.

"Kami mencoba fokus di poin-poin kritis. Saat kami kehilangan fokus mencoba untuk bermain lebih tenang untuk bisa memenangkan pertandingan," pungkas Nabila.

Baca juga: Bermain lepas kunci Jaden Abdullah raih kemenangan perdana BAJC 2023

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023