Kerja sama dengan Kadin bertujuan untuk mempromosikan dan mendapatkan calon investor....
Jakarta (ANTARA) - Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bekerjasama menyelenggarakan business forum sebagai bagian dari acara Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama dengan Wakil Ketua Umum Bidang Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Infrastruktur Kadin Insannul Kamil dalam penyelenggaraan business forum sebagai bagian dari acara Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) itu.

"Kerja sama dengan Kadin bertujuan untuk mempromosikan dan mendapatkan calon investor untuk proyek-proyek PSN dan non PSN yang masih membutuhkan dukungan investor baik dari dalam maupun luar negeri," kata Wahyu Utomo dalam acara Media Gathering, di Jakarta, Kamis.

Selain business forum, rangkaian acara Sewindu PSN juga mencakup investment business forum, international conference, dan PSN Edutaintment Expo.

Tak hanya Kadin, KPPIP juga menjalin kerja sama dengan Ikatan Alumni Universitas Padjajaran (IKA Unpad) yang diwakili oleh Ketua Umum IKA Unpad Irawati Hermawan.

"Dalam kegiatan yang sudah diawali di bulan Mei yang lalu, tentunya ini ada lanjutan. Kami sekarang akan bekerjasama dengan Ikatan Alumni Unpad, karena kami ingin bahwa Ikatan Alumni Unpad ini akan membantu dalam rangka untuk mensosialisasikan apa-apa yang sudah dilakukan, dan apa-apa yang dicapai dari 8 tahun PSN tersebut," ujar Wahyu.

Adapun rangkaian acara kegiatan Sewindu PSN bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat luas terutama generasi muda tentang PSN, serta dampak dan manfaat yang diberikan.

Lebih lanjut, Wahyu berharap Sewindu PSN mampu mengajak generasi muda untuk turut serta berpartisipasi memanfaatkan PSN yang telah dibangun dalam upaya mewujudkan visi besar Indonesia Emas di tahun 2045.

Rangkaian utama Sewindu PSN rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2023. Adapun sejak 2016 sampai dengan 11 Juli 2023, sebanyak 158 PSN telah diselesaikan dengan total nilai investasi sebesar Rp1.102,6 triliun.

Kemudian untuk tahun 2024, terdapat 31 proyek lagi untuk diselesaikan. Adapun pemerintah telah menetapkan terdapat 210 proyek dan 12 program PSN dengan nilai investasi mencapai Rp5.764 triliun.

Presiden Jokowi menargetkan keseluruhan proyek PSN agar dapat dirampungkan pada 2024, terutama dalam hal pembebasan lahan serta perizinan.
Baca juga: Jokowi sebut BIJB Kertajati-Tol Cisumdawu seharusnya rampung bersamaan
Baca juga: Kemenko Perekonomian catat 158 PSN telah rampung per 11 Juli 2023

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023