Tanjungpinang (ANTARA) - PT Kimia Farma Diagnostika melakukan ekspansi bisnis dengan mengembangkan layanan laboratorium medis dan klinik pratama di Pamedan, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Sebagai bentuk mewujudkan layanan kesehatan yang berkualitas, Kimia Farma laboratorium dan klinik memperluas ekspansi bisnis dengan menghadirkan gerai baru di Tanjungpinang," kata Direktur Operasional PT Kimia Farma Diagnostika, Winastanto Wibowo usai peresmian di Tanjungpinang, Kamis.

Winastanto menyebut peresmian laboratorium medis dan klinik pratama Kimia Farma Pamedan digelar secara serentak di 14 kota dan 20 cabang gerai  se-Indonesia yang berpusat di laboratorium medis dan klinik pratama Kimia Farma Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada hari yang sama.

Adapun 14 kota dimaksud yaitu Kupang, Pontianak, Tanjungpinang, Palembang, Garut, Bangkalan, Pati, Majalengka, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Karawang, Bandung, Jakarta Barat dan Denpasar.

Winastanto secara khusus sangat mengapresiasi Pemprov Kepri dan Pemkot Tanjungpinang yang telah mendukung kegiatan investasi layanan laboratorium medis dan klinik pratama Kimia Farma Pamedan.

Menurutnya Tanjungpinang merupakan kota dengan iklim investasi yang cukup sehat, sehingga pihaknya hadir kemari guna memberikan layanan kesehatan terbaik dan komprehensif kepada masyarakat, mulai dari apotek, klinik pratama hingga laboratorium.

"Tujuan kami hadir di sini, yaitu untuk meningkatkan derajat kesehatan warga Tanjungpinang khususnya, dan Kepri pada umumnya," ujar dia.

Ia mengutarakan bahwa peluncuran gerai baru ini juga selaras dengan langkah transformasi Kimia Farma laboratorium dan klinik yang telah ada di tengah masyarakat selama 13 tahun untuk memberikan pelayanan kesehatan paripurna, peningkatan mutu, serta mempermudah aksesibilitas layanan kesehatan.

Tentunya hal ini dapat terlaksana karena dukungan dari pemerintah dan semua stakeholder terkait yang mendukung layanan kesehatan dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

"Dengan banyaknya fasilitas kesehatan swasta atau BUMN, maka pilihan layanan kesehatan bervariasi. Warga pun berhak memilih di mana mereka akan dilayani kesehatan, sehingga timbul persaingan usaha yang positif dalam meningkatkan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat," ujarnya pula.

Sementara, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, mengatakan, keberadaan laboratorium medis dan klinik pratama Kimia Farma Pamedan menambah daftar laboratorium kesehatan di "Kota Gurindam" itu sebagai salah satu rujukan berobat bagi warga di beberapa pulau yang ada di Kepri.

"Warga semakin mudah untuk berobat dengan bertambahnya satu laboratorium medis di Tanjungpinang," ujar Rahma.

Rahma juga berharap laboratorium dan klinik tersebut bisa melayani warga lebih cepat dan responsif.

Kemudian dapat meningkatkan kesadaran warga untuk memeriksakan kesehatannya lebih dini guna mendeteksi risiko penyakit.

"Semoga ke depan, warga kita tak perlu lagi berobat ke luar negeri, seperti Malaysia sebab di Tanjungpinang pun ada laboratorium dan klinik yang bagus dan memenuhi standar pelayanan kesehatan," ucap Rahma.

Klinik serta laboratorium medis Kimia Farma ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan layanan seperti pemeriksaan kesehatan, konsultasi dokter, serta pelayanan kesehatan lainnya.

Ditambah dengan adanya mobil ambulan serta Mobile Medical Response Unit dan Vaksin yang dapat memudahkan akses dan jangkauan pasien untuk mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi.


Baca juga: Kimia Farma bidik layanan apotek di Papua Pegunungan

Baca juga: Kimia Farma ekspansi layanan apotek di warung desa


 

Pewarta: Ogen
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023