Jakarta (ANTARA) - Prawira Harum Bandung berhasil mengamankan kemenangan dengan skor 74-83 dalam laga semifinal IBL 2023 di kandang Dewa United Banten di Sritex Arena Solo, Kamis.

Pertandingan sudah sengit sejak laga dimulai. Di kuarter pertama, kedua tim saling balas mengungguli lawan meski tidak ada yang bisa lebih dari 6 poin. Kuarter kesatu dimenangkan oleh Dewa United dengan 23-20.

Di kuarter dua, tim tuan rumah Dewa United masih bisa mempertahankan keunggulan hampir di sepanjang 10 menit laga bermain, meski keunggulan itu tak lebih dari lima poin. Namun di akhir kuarter dua justru Prawira yang membalikkan keadaan dengan mencetak 27 poin. Skor berakhir 39-47 dengan keunggulan bagi tim tamu dari Bandung.

Pemain bertahan terbaik IBL musim 2023, Reza Guntara dari Prawira Harum Bandung ditugaskan menempel ketat peraih gelar MVP dari Dewa United Kaleb Ramot Gemilang. Strategi yang dilancarkan oleh Prawira itu berhasil menekan penciptaan poin dari Kaleb.

Kaleb hanya mencetak 5 poin di kuarter pertama, 2 poin di kuarter dua, dan hanya 1 poin di kuarter tiga.

Alhasil, Prawira Harum Bandung bisa memegang kendali pertandingan di babak kedua dengan tak pernah terkejar oleh Dewa United. Bahkan Prawira sempat mencetak keunggulan tertinggi hingga 13 poin. Skor berakhir 58-65 untuk Prawira.

Di kuarter empat, Kaleb kembali tidak berkutik dengan tanpa mencetak poin sama sekali. Secara total, Kaleb hanya berhasil mencatat 8 poin sepanjang laga.

Sebenarnya Dewa United sempat mempersempit jarak menjadi tinggal 5 poin di dua menit waktu tersisa. Kevin Moses Poetiray berhasil mencetak 5 poin berturut-turut untuk mengejar ketertinggalan itu.

Namun sayang momentum Dewa United kembali terhenti sehingga tertinggal 9 poin lagi. Hingga akhirnya laga dimenangkan oleh Prawira Harum Bandung dengan skor 74-83.

Brandone Francis dari Prawira menjadi pencetak poin terbanyak dalam laga ini dengan 29 poin, di belakangnya Jared Shaw menambahkan 18 poin, dan kapten tim Prawira Yudha Saputera mencatat 16 poin.

Sementara dari Dewa United Yan Colome mencetak skor terbanyak dengan 25 poin, dan ditambahkan 17 poin oleh Anthony Johnson.

Selanjutnya, kedua tim akan melakoni laga kedua babak semifinal di markas Prawira di Bandung pada Sabtu (15/7).


Baca juga: RANS PIK dinilai jadi pesaing baru perebutan gelar IBL
Baca juga: Satria Muda Pertamina siap tempur hadapi Pelita Jaya di semifinal IBL
Baca juga: Laga kandang-tandang, keseriusan membangun kompetisi basket nasional
Baca juga: Lepas dari tekanan Bumi Borneo, Prawira lolos ke semifinal

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023