mahasiswa akan memberikan inspirasi, pola pikir, solusi dan ide-ide segar untuk percepatan pembangunan
Solok Selatan (ANTARA) - Wakil Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Yulian Efi berharap keberadaan mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten itu bisa memberikan inspirasi dan sudut pandang baru untuk percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Pelaksanaan KKN ini tentu membawa angin segar kepada masyarakat Solok Selatan karena para mahasiswa akan memberikan inspirasi, pola pikir, solusi dan ide-ide segar untuk percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Solok Selatan," katanya, di Padang Aro, Kamis.

Dia berharap, mahasiswa yang melaksanakan KKN bisa membangun kerjasama yang baik dengan pemerintah Nagari serta kelompok masyarakat setempat dalam merealisasikan program kerja.

Program yang dilaksanakan selama KKN katanya, bisa menjadi sarana untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai sarjana pendamping masyarakat dan upaya pemberdayaan masyarakat nagari melalui implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Kami mengimbau dan mengajak seluruh mahasiswa peserta KKN untuk dapat lebih meningkatkan kepedulian, contoh ketauladanan sebagai mahasiswa dan empati kepada masyarakat, sehingga mendorong terjadinya perubahan perilaku terhadap permasalahan yang dihadapi," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Sumbar lepas 5.600 mahasiswa KKN UNP
Baca juga: Gubernur: Pengentasan stunting KKN Unand sesuai dengan visi pemerintah


Menurut dia, mahasiswa bisa menjadi sebagai agen pembaharuan yang mampu memposisikan dan menyesuaikan diri dengan masyarakat selama mengikuti KKN.

Hal ini katanya, karena mahasiswa dapat berperan sebagai pemberi informasi, motivator dan fasilitator di daerah penempatan.

Wakil Dekan I Fakultas Hukum Unand Nani Mulyati mengatakan KKN ditujukan untuk mengasah soft skill dan life skill mahasiswanya, sebab realita yang akan ditemukan di masyarakat nantinya akan sangat berbeda dengan apa yang dijalaninya sehari-hari.

"Akan banyak hal yang ditemukan di lapangan nantinya," katanya.

Baca juga: Sembilan mahasiswa Unand ikuti KKN Kebangsaan di Palangka Raya
Baca juga: Di saat pandemi, Unand terjunkan 4.219 mahasiswa KKN tematik


Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Imam Bonjol Yurisman mengharapkan kedatangan mahasiswa di tengah masyarakat bisa diibaratkan dengan buah yang manis sehingga masyarakat pun dengan senang menerima kedatangannya.

Dia berpesan agar mahasiswa didiknya bisa menjaga sopan santun dan terus bersemangat dalam beraktivitas.

Sebanyak 459 orang mahasiswa akan melakukan pengabdian masyarakat di tujuh kecamatan di Solok Selatan yang terdiri dari Unand 269 selama 11 Juli-24 Agustus 2023 dan disebar di tujuh kecamatan.

Sementara 190 mahasiswa UIN Imam Bonjol akan melaksanakan KKN untuk periode 13 Juli-23 Agustus di empat kecamatan. 

Baca juga: Mendes minta mahasiswa edukasi masyarakat tentang normal baru
Baca juga: 1.299 mahasiswa Universitas Riau KKN di Kabupaten Siak

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023