Kami tentu mempertimbangkan ini dan benar-benar membuat perencanaan secara hati-hati...
Washington (ANTARA News) - Karena alasan keamanan, presiden dan wakil presiden AS jarang pergi ke luar negeri secara berbarengan, tapi peristiwa pekan depan mungkin memaksa Barack Obama dan Joe Biden keluar negeri pada hari yang sama, setidaknya selisih beberapa jam.

Presiden AS Barack Obama dijadwalkan melakukan perjalanan pada Selasa malam (19/3) menuju Israel, Tepi Barat Sungai Jordan dan Jordania. Selasa pagi, Wakil Presiden Joe Biden akan menghadiri upacara di Roma seputar pelantikan Paus baru Fransiskus.

Yang tidak pasti ialah apakah Biden akan kembali berada di Amerika Serikat saat Obama memulai perjalanannya, demikian laporan Reuters, Jumat. Jadwal resmi Wakil Presiden AS tersebut belum disiarkan.

Ben Rhodes, Wakil Penasehat Keamanan Nasional Gedung Putih, mengatakan ia tidak tahu secara pasti apakah Obama dan Biden akan berada di luar negeri pada saat yang sama.

"Kami tentu mempertimbangkan ini dan benar-benar membuat perencanaan secara hati-hati guna memastikan kami siap bagi setiap kemungkinan dan kami seringkali berusaha mengkoordinasikan perjalanan mereka untuk tujuan itu," kata Rhodes kepada wartawan.

Penerjemah: Chaidar Abdullah

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013