Simpang Empat,- (ANTARA) -
Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir akibat meluapnya air Sungai Batang Saman, Jumat.
 
"Pagi ini BPBD di bawah komando Kepala Bidang Kedaruratan Afrizal sedang melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir ke tempat yang lebih aman," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat Zulkarnain di Simpang Empat, Jumat.
 
Menurutnya banjir yang melanda Nagari Aia Gadang Batang Saman itu membuat ratusan rumah terendam dan akses transportasi Simpang Empat menuju Ujung Gading terputus.
 
"Data pasti rumah terendam masih pendataan. Namun kita mengevakuasi warga yang terdampak ke lokasi yang aman," katanya.
Selain itu pihaknya juga membantu warga yang ingin melewati jalan yang masih terendam banjir.
 
"Air sudah mulai surut. Namun akses transportasi masih belum pulih. Mobil besar sudah bisa melintasi jalan dengan lambat-lambat," ujarnya.
 
Meluapnya Sungai Batang Saman terjadi pada Jumat malam akibat hujan yang terus terjadi sejak Kamis (13/7) sore.
 
Saat ini petugas gabungan BPBD, kecamatan, SAR, pihak kepolisian dan PMI sudah turun ke lapangan untuk memberikan bantuan evakuasi warga ke tempat yang aman.
 
Sementara Sekretaris Nagari Aia Gadang, Batang Saman Eka Putra menyampaikan lebih kurang 250 rumah warga di jorong Labuah Lurus dan Pasir Bintungan terendam Banjir.
 
"Warga yang terdampak akibat banjir di jorong Labuah Lurus sebanyak 250 Kepala Keluarga," katanya.
 
Masih banyak lagi rumah yang terendam banjir, Namun pagi ini air sudah mulai surut.
 
"Mudah-mudahan air cepat surut dan kendaraan bisa melalui jalan itu kembali," harapnya. 
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023