... membawa beberapa peluang peningkatan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan... "
Jakarta (ANTARA News) – Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, di Jakarta, Kamis, menerima  delegasi misi ekonomi Afrika Selatan, terdiri unsur pemerintah Eastern Cape Province dan kalangan dunia usaha mereka dalam National African Federated Chamber of Commerce (NAFCOC). 

Kunjungan mereka ini untuk memperkenalkan potensi perdagangan dan investasi Eastern Cape Province serta membicarakan tindak lanjut hasil kunjungan NAFCOC pada saat Trade Expo Indonesia ke-27, Oktober 2012 lalu.

Menurut dia, kedatangan misi ekonomi Afrika Selatan ke Jakarta pada 9-15 Maret 2013 ini membawa beberapa peluang peningkatan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan. Peluang-peluang tersebut antara lain penyiapan sarana penyimpanan logistik di Pelabuhan Richards Bay, Afrika Selatan, dan investasi di bidang perkebunan kapas di Afrika Selatan serta pengadaan alat-alat pertanian dari Indonesia. 

Pula pembangunan Toko Indonesia sebagaimana telah ada di Johannesburg (Park Station dan Pan African Building) dan di Praetoria, sebagai sarana promosi produk-produk Indonesia di Afrika Selatan khususnya produk UKM.

"Kami telah membuka kanal hubungan dengan berbagai cara, di antaranya Misi Dagang Indonesia ke Afrika Selatan pada 2011 dan 2012 serta kegiatan promosi produk ekspor Indonesia. Kehadiran mereka satu bukti peningkatan hubungan perdagangan antara kedua negara," kata dia.

Kemudian Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Gusmardi Bustami, menambahkan, misi ekonomi Afrika Selatan ini juga berpeluang ekspor minyak kelapa sawit Indonesia ke sana, kerja sama pembangunan Gedung Pan African Parliament di Midrand (PT WIKA), serta meningkatkan hubungan antara perbankan nasional (Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BJB) dengan NAFCOC Bank (U-Bank), Afrika Selatan.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013