Kunci keberhasilan itu soft skill harus diasah, harus disiplin dalam manajemen waktu, memperluas networking dan memperbanyak pengalaman
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir memberikan peluang luas kepada mahasiswa di Palembang, Sumsel, berkarir di BUMN melalui program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) dan Magang Generasi Bertalenta BUMN (Magenta).

"Makin banyak generasi muda, maka budayanya akan berubah, Pak Erick (Menteri BUMN Erick Thohir) memberikan peluang kepada generasi muda untuk menduduki jabatan strategis di BUMN, karena 30-40 persen ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh BUMN," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam kegiatan "BUMN Goes To Campus" di Politeknik Sriwijaya Palembang, Sumsel, Kamis (13/7/2023).

Dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, Arya menjelaskan program RBB merupakan peluang bagi generasi muda untuk dapat berkarir di BUMN.

"Kunci keberhasilan itu soft skill harus diasah, harus disiplin dalam manajemen waktu, memperluas networking dan memperbanyak pengalaman," tambahnya.

Pada acara BUMN Goes to Campus juga diadakan sesi talkshow dengan narasumber berpengalaman untuk membekali mahasiswa di dunia karir.

Narasumber yang hadir antara lain Eka Zedrosky, AVP Banking Retail Head Bank Mandiri Region II Sumatera; Kamariah Latief, Koordinator Bidang 3 Forum Human Capital Indonesia (FHCI); Meidita Farazha Danty, mahasiswi Nanjing University; dan Alvin Evander, VP Bussiness Development MDI Venture.

"Generasi muda harus mempunyai keberanian dalam mengambil risiko, belajar dari kegagalan dan terus meningkatkan diri," ujar Eka Zedrosky.

Kamariah Latief juga memberikan tips sukses lolos tes BUMN. "BUMN cukup diminati, ada dua juta lebih pelamar yang mengikuti RBB untuk masuk ke BUMN," sebutnya.

Sedangkan, Meidita Farazha Danty, mahasiswi muda lulusan Nanjing University, mengatakan masa muda adalah kesempatan besar untuk mengejar mimpi yang tidak boleh disia-siakan.

"Kita juga mencari generasi muda yang punya start up untuk dapat dikolaborasikan agar lebih berkembang," tambah Alvin Evander.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa Politeknik Sriwijaya juga dapat mengunjungi booth edukasi dari perusahaan BUMN yaitu Bukit Asam, Mandiri, PLN, Pusri, Pegadaian, PGN, Hutama Karya, Semen Baturaja, dan Telkomsel.

Di booth tersebut terdapat informasi profil perusahaan dan juga membuka kesempatan magang bagi mahasiswa Politeknik Sriwijaya Palembang.

Baca juga: Kementerian BUMN imbau peserta ujian RBB 2023 ikuti petunjuk tes
Baca juga: Kementerian BUMN-FHCI buka lebih dari 2.000 lowongan kerja di RBB 2023

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023