Tentu saja tujuan kita agar para qori dan qoriah jauh lebih siap dan matang untuk mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) di tingkat provinsi
Manggar, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengucurkan dana hibah sebesar Rp1,2 miliar untuk Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Belitung Timur.

"Bantuan dana hibah untuk LPTQ ini sebagai bentuk komitmen kita dalam meningkatkan pembinaan dan prestasi keagamaan generasi muda," kata Bupati Belitung Timur Burhanuddin di Manggar, Jumat.

Burhanuddin berharap, melalui LPTQ dapat mengirimkan para juara tiap cabang lomba  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) untuk mengikuti pelatihan di Jakarta.

"Tentu saja tujuan kita agar para qori dan qoriah jauh lebih siap dan matang untuk mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) di tingkat provinsi," ujarnya.

Burhanuddin berharap tidak hanya prestasi olahraga yang harus ditingkatkan tetapi juga dalam bidang keagamaan.

"Tinggal bagaimana niat dan kemauan anak-anak muda kita. Sebelum kita kirimkan ke provinsi, nanti kita pondokkan mereka di Jakarta,” ujar Aan, sapaan akrab bupati.

Terkait target Juara MTQ di tingkat provinsi, Aan berharap minimal berada di lima besar karena sudah didukung dengan anggaran yang memadai.

"Belitung Timur sebelumnya berada di peringkat enam provinsi, tahun ini kita targetkan lima besar. Sedangkan untuk tingkat nasional, tentu harus ada wakil dari Belitung Timur untuk ikut MTQ tingkat nasional," ujarnya.

Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Belitung Timur Bani Machtum mengatakan, saat ini sedang dilaksanakan MTQH tingkat kabupaten yang diikuti 236 peserta.

"Tema kita tahun ini 'Mengimplementasikan Nilai-nilai Al Qur’an Untuk Mewujudkan Masyarakat Belitung Timur Yang Agamis, Moderat dan Berakhlak Mulia',” ujar Bani.

Pada MTQH ini terdapat 14 cabang lomba yakni Tilawah/Tartil Anak, Tilawah Anak-Anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, Hifzhil Al-Qur’an 1 Juz, Hifzhil Al-Qur’an 5 Juz, Hifzhil Al-Qur’an 10 Juz, Qira’at/Mujawwad Dewasa, Qira’at/ Murattal Dewasa, Qira’at/ Murattal Remaja, Fahmil Al-Qur’an, Syahril Al-Qur’an, Kaligrafi Kontemporer, dan Karya Tulis Al-Qur’an.

Baca juga: Khofifah: Juara umum MTQ jadi kado indah HUT ke-77 Jawa Timur
Baca juga: Kalteng berangkatkan 27 warga umrah ke Tanah Suci Mekkah
Baca juga: Qari Indonesia juara pertama MTQ Internasional di Kuwait


Pewarta: Ahmadi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023