Jakarta (ANTARA) - Pebasket putri DBL Indonesia Vanissa Renata mengungkapkan menerima tawaran beasiswa dari Olive Harvey Collage, Chicago untuk menjalani pendidikan selama dua tahun dan melanjutkan karir profesional basket di Amerika.

"Dapat tawaran dari Olive Harvey College, dapatnya cuma kayak beasiswa pendidikan penuh, tempat tinggal. Tawarannya sih dua tahun langsung lulus, tapi habis pendidikan harus main di divisi 2 liga basket," kata Vanissa Renata kepada pewarta usai menghadiri acara pembukaan Honda DBL Indonesia 2023 di Lapangan Plaza Kemenpora, Jumat.

Mengenai tawaran tersebut, Vanissa mengatakan saat ini masih mempertimbangkan tawaran yang diperolehnya dari Olive Harvey Collage.

"Kayaknya untuk pendamping kami udah ada dari DBL sendiri. Soalnya ada kayak yang mengurus dari DBL di sana. Jadi kayak ada pendampinglah. Cuma kalau misalkan untuk culture shock gitu bahasa pastinya, terus pergaulan juga" ungkap Vanissa.

Baca juga: Pemerintah akan bantu pebasket peraih beasiswa di Chicago lewat LPDP

Sebanyak lima atlet DBL Indonesia 2023 memperoleh beasiswa pendidikan di Chicago. Kelima atlet yang memperoleh beasiswa yaitu Deewell Gosal, Vanissa Renata, Erindita Prias, Monica Selviana dan Terrel Ayers.

Pemerintah berkomitmen untuk memberikan bantuan beasiswa kepada lima atlet melalui skema bantuan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan pemerintah akan berkomitmen memberikan bantuan pendidikan kepada kelima atlet dengan skema bantuan untuk mengakomodasi setiap kebutuhan yang belum masuk dalam tawaran beasiswa di Chicago. Bantuan dari pemerintah nantinya dapat mencakup seperti biaya hidup atau biaya penunjang lain kebutuhan dari atlet selama pendidikan.

""Terkait dengan beasiswa atlet di Chicago nanti bisa dihubungkan dengan (beasiswa) pemerintah. Misalnya saja seperti yang terjadi di atlet golf nasional kita yang memperoleh beasiswa di Harvard untuk bermain golf di tim Harvard," kata Menpora Dito Ariotedjo.

Baca juga: Lima atlet DBL Indonesia 2023 raih beasiswa pendidikan di Chicago
Baca juga: Menpora Dito akan beri sertifikat untuk para juara DBL Indonesia 2023

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023