Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengumumkan bahwa final kompetisi bola basket Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series akan digelar di Indonesia Arena pada 17 November mendatang.

Hal itu disampaikan Menpora Dito melalui video pernyataan resmi, yang diputar di depan para siswa-atlet, ofisial, kepala sekolah, serta keluarga dari delapan tim putra dan delapan tim putri di Lippo Mal Kemang, Jakarta Selatan, Minggu sore.

"Seperti yang saya sampaikan saat meresmikan DBL musim ini di Lapangan Kemenpora pada Juli lalu. Juga kepada rekan-rekan media saat saya hadir menyaksikan opening DBL Seri Jakarta Timur. Kami ingin memberikan kesempatan yang lebih besar untuk para peserta DBL," kata Menpora Dito seperti dikutip dari pernyataan tertulis yang diterima pewarta.

Baca juga: SMA Al-Izhar juara DBL 2023 Seri Jakarta Selatan

"Merasakan aura pertandingan di fasilitas termegah di tanah air, Indonesia Arena," tambahnya.

Menpora Dito menyatakan bahwa dengan merasakan aura di Indonesia Arena, para siswa-atlet akan bertambah semangatnya. Serta baik orang tua, keluarga, sekolah, serta alumni akan sangat bangga melihat tim-tim bola basket sekolah atau almamaternya berlaga di arena dalam ruangan (indoor) terbesar di Indonesia itu.

"Sampai bertemu di final party DKI Jakarta Series, 17 November di Indonesia Arena," pungkas Menpora Dito.

Pertumbuhan kompetisi bola basket pelajar di DKI Jakarta itu mendapat sambutan hangat dari CEO dan pendiri DBL, Azrul Ananda.

“Kami dari DBL Indonesia sangat berterima kasih kepada peserta dan penonton Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series. Kompetisi kami di DKI Jakarta pertumbuhannya luar biasa musim ini. Jumlah pesertanya tumbuh 21 persen, total penontonnya tumbuh 27 persen,” ujar Azrul.

Pada musim ini, DBL seri Jakarta diikuti oleh total 140 tim bola basket yang terdiri dari 100 sekolah. Mereka berkompetisi di empat wilayah sejak Agustus silam.

Dari hasil kompetisi itu terpilih delapan tim putra dan delapan tim putri yang berstatus juara dan peringkat kedua dari masing-masing wilayah. Kedelapan tim itu yang akan bersaing pada fase Championship Series pada 2 sampai 8 November di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta.

Fase Championship Series akan menggunakan sistem double elimination, untuk mencari dua tim putra dan dua tim putri yang akan tampil pada Final Party Seri DKI Jakarta pada 17 November.

Baca juga: Pebasket DBL Vanissa ungkap terima beasiswa dari Olive Harvey Collage

Berikut adalah daftar peserta Honda BL with Kopi Good Day 2023 Jakarta Championship Series:

Putra

SMA Bukit Sion - Juara Wilayah Barat

SMA IPEKA Puri - Peringkat kedua Wilayah Barat

SMA Jubilee - Juara Wilayah Pusat dan Tengah

SMA Kolese Kanisius - Peringkat kedua Wilayah Pusat dan Tengah

SMAN 71 - Juara Wilayah Timur

SMAN 91 - Peringkat kedua Wilayah Timur

SMA Al-Izhar Pondok Labu - Juara Wilayah Selatan

SMAN 47 - Peringkat kedua Wilayah Selatan

  Putri

SMAK 1 Penabur - Juara Wilayah Barat

SMA Dian Harapan - Peringkat kedua Wilayah Barat

SMA Jubilee - Juara Wilayah Pusat dan Tengah

SMA 1 PSKD - Peringkat kedua Wilayah Pusat dan Tengah

SMAN 71- Juara Wilayah Timur

SMAN 21 - Peringkat kedua Wilayah Timur

SMAN 70 - Juara Wilayah Selatan

SMAN 3 - Peringkat kedua Wilayah Selatan

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023