Brussels (ANTARA) - Uni Eropa (EU) pada Kamis (13/7) mengatakan akan mencabut pembatasan impor yang dikenakan pada produk makanan dari sebagian daerah Jepang setelah bencana pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima pada 2011.

Pencabutan pembatasan impor tersebut diumumkan saat kerja sama antara blok perdagangan terbesar di dunia itu dengan negara demokrasi utama Asia tersebut berkembang pesat di hampir semua bidang.

Pengumuman tersebut dibuat pada KTT Jepang-EU di Brussels, di mana para pemimpin sepakat untuk sepakat untuk memperkuat rantai pasokan untuk industri utama dan bahan mentah dan bekerja lebih erat lagi di bidang-bidang seperti keamanan maritim dan dunia maya, mengingat China yang semakin keras dan Rusia yang imperialis.

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan komunikasi masalah keamanan, Jepang dan EU memutuskan untuk melakukan dialog strategis di tingkat menteri luar negeri.

"Kami menyambut baik peningkatan keterlibatan EU di Indo-Pasifik," kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada konferensi pers setelah pertemuan dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Pernyataan bersama mereka mengutip berbagai kekhawatiran yang berasal dari tindakan China, termasuk "perluasan nuklir yang tidak transparan." Namun, para pemimpin menekankan pentingnya "terlibat secara terbuka dan mengungkapkan keprihatinan kami secara langsung."
Baca juga: Kishida: Jepang, AS, Eropa harus kompak hadapi China

"Penting untuk bekerja sama dengan China, mengingat perannya dalam komunitas internasional dan ukuran ekonominya, tantangan global serta bidang kepentingan bersama," kata pernyataan tersebut.

Hubungan Jepang dengan Eropa semakin dalam setelah pandemi COVID-19 dan invasi Rusia ke Ukraina.

Namun, Tokyo membutuhkan beberapa waktu untuk meyakinkan blok beranggotakan 27 negara tersebut guna menghapus kontrol yang memerlukan pengujian radioisotop dan sertifikasi keamanan untuk beberapa produk makanan laut dan pertanian dari Fukushima dan sembilan prefektur lainnya.

Von der Leyen mengatakan dalam konferensi pers bahwa pencabutan pembatasan itu didasarkan pada bukti ilmiah.

Keputusan EU diambil setelah Badan Energi Atom Internasional (IAEA) pekan lalu menyimpulkan bahwa rencana Jepang untuk melepaskan air radioaktif yang diolah dari PLTN Fukushima yang rusak sudah sesuai dengan standar keselamatan dan tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan manusia atau lingkungan.

Sehari setelah menghadiri KTT Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Lithuania, Kishida mengunjungi ibu kota Belgia.

Dia memuji keputusan blok tersebut untuk mendukung pemulihan Fukushima dan daerah sekitarnya, yang hancur akibat gempa bumi besar dan tsunami yang memicu kehancuran pada pembangkit nuklir.
Baca juga: Hampir 80% perusahaan Jepang di Eropa terdampak perang Ukraina

Pencabutan tindakan dapat dilakukan pada awal Agustus jika semua prosedur EU berjalan lancar, menurut pejabat Jepang.

Dengan EU mencabut pembatasan, jumlah negara dan wilayah yang mempertahankan kontrol impor tersebut akan menjadi 11, termasuk China, Korea Selatan, dan Hong Kong.

Islandia dan Norwegia, yang sebagian besar menggunakan standar UE untuk impor, dapat membatalkan pembatasan tersebut, kata para pejabat.

Ekspor makanan dan pertanian Jepang ke EU naik 8,2 persen pada 2022 dari tahun sebelumnya menjadi 68 miliar yen (sekitar Rp7,3 triliun), lebih tiga kali lipat selama satu dekade, didorong oleh popularitas masakan Jepang di seluruh dunia.

Seperti yang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir, para pemimpin Jepang dan EU berjanji untuk bekerja sama secara erat dalam keamanan energi, perubahan iklim, luar angkasa, dan teknologi baru, seperti kecerdasan buatan.

Kishida mengatakan dia berencana untuk menjadi tuan rumah pertemuan yang dilakukan secara daring tentang kecerdasan buatan dengan para pemimpin lain dari kelompok G7 ekonomi demokrasi utama, yang kemungkinan bakal digelar pada musim gugur ini.

Jepang dan UE biasanya mengadakan pembicaraan di tingkat pemimpin setahun sekali. KTT terakhir berlangsung pada Mei 2022 di Tokyo.

Baca juga: Jepang, Uni Eropa sepakat perkuat kerja sama hadapi Rusia
Baca juga: Jepang akui sulit membaca strategi militer China


Sumber: Kyodo-OANA

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023