Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Zidane Attauba Efendi/Kleopas Binar Putra Prakoso menjadi tumpuan Indonesia untuk menyabet gelar juara pada Kejuaraan Badminton Junior Asia (BAJC) 2023.

Zidane/Kleopas menjadi satu-satunya ganda putra tuan rumah yang bertahan hingga perempat final. Zidane/Kleopas melaju ke fase ini usai menang atas pasangan Uni Emirat Arab Dev Ayyappan/Dhiren Ayyappa dengan skor 21-19, 21-13 di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Jumat.

Dalam laga ini, Zidane/Kleopas mengaku sempat tegang mengingat beberapa rekan-rekannya sudah terlebih dahulu terganjal langkahnya.

Tidak heran pada gim pertama, Zidane/Kleopas harus bertarung ketat sebelum akhirnya menang dengan skor 21-19. Setelah itu pada gim kedua, mereka tampil lebih baik dan relatif lebih mudah menang dengan skor cukup jauh 21-13.

"Sempat tegang menghadapi laga ini karena kami melawan pasangan unggulan kelima. Kami juga sudah tahu beberapa rekan-rekan kami gugur terlebih dahulu. Itu juga mempengaruhi permainan kami," kata Zidane dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dengan hasil ini Zidane/Kleopas akan berhadapan dengan ganda putra asal Malaysia Bryan Jeremy Goonting/Low Han Chen.

Baca juga: Bagas susul Alwi ke perempat final tunggal putra BAJC 2023

Pada pertandingan sebelumnya pasangan asal Negeri Jiran itu berhasil mengalahkan ganda putra China Chen Zhe Han/Lin Xian Yi dengan skor 21-12, 21-18 untuk lolos ke babak delapan besar.

"Kami mau bermain maksimal di perempat final. Semaksimal mungkin kami mau mengeluarkan bentuk permainan terbaik di perempat final," kata Zidane menambahkan.

Pada pertandingan sebelumnya, dua ganda putra Indonesia Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin dan Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan kalah pada babak ketiga.

Farizi/Joaquin harus mengakui kehebatan dari ganda putra China Chen Yong Rui/Hu Ken Yuan setelah kalah dengan skor identik 16-21, 16-21.

Sementara Anselmus/Pulung harus angkat koper setelah kalah dari ganda putra asal Jepang Kenta Matsukawa/Yuto Nakashizu dengan skor 17-21, 21-19, 15-21.

Baca juga: Anselmus/Pulung petik pelajaran berharga dari BAJC 2023
Baca juga: Nabila/Reva jadi wakil ganda putri Indonesia yang tersisa di BAJC 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023